nusabali

Momen Liburan, Bandara Layani 1 Juta Penumpang

  • www.nusabali.com-momen-liburan-bandara-layani-1-juta-penumpang

Selama periode liburan, rute domestik dengan trafik tertinggi adalah Jakarta. Sedangkan untuk penerbangan internasional, rute Singapura masih menjadi rute favorit.

MANGUPURA, NusaBali
Selama periode liburan, baik libur sekolah hingga libur musim panas bagi wisatawan mancanegara (wisman), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung melayani sedikitnya 1.036.713 penumpang sejak 24 Juni hingga 7 Juli 2024. Artinya selama periode liburan terjadi peningkatan 19 persen.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan trafik bandara mengalami peningkatan signifikan pada momen liburan tahun ini. Pihaknya mencatat terdapat peningkatan 19 persen pada trafik penumpang selama periode liburan kali ini. “Pada periode tersebut, Bandara Ngurah Rai melayani rata-rata sebanyak 74 ribu penumpang secara keseluruhan. Sedangkan secara keseluruhan di tahun 2024 hingga Juni, Bandara Ngurah Rai melayani rata-rata 62 ribu penumpang per hari,” ujar Handy pada Minggu (14/7) siang.

Handy melanjutkan, selama periode liburan puncak tertinggi arus pelayanan penumpang tercatat pada 30 Juni 2024, dengan pelayanan kepada 81.353 penumpang domestik dan internasional. Jumlah tersebut sekaligus menjadi jumlah pelayanan penumpang terbanyak sepanjang 2024, setidaknya hingga Juni. Pada tanggal tersebut juga tercatat sebagai arus kedatangan tertinggi selama periode liburan dengan pelayanan kepada 40.119 penumpang yang datang secara keseluruhan, baik domestik maupun internasional. Sedangkan untuk puncak arus keberangkatan tertinggi terjadi pada 7 Juli 2024 dengan pelayanan kepada 40.531 penumpang secara keseluruhan.

Selama periode liburan, rute domestik dengan trafik tertinggi adalah Jakarta (CGK) yang melayani 215.647 penumpang, diikuti oleh rute Surabaya dengan 63.528 penumpang, dan rute Makassar dengan 26.066 penumpang. Sedangkan untuk penerbangan internasional, rute Singapura masih menjadi rute favorit dengan pelayanan kepada 114.764 penumpang. Selanjutnya terdapat rute Kuala Lumpur yang melayani 86.029 penumpang, dan rute Perth dengan 45.037 penumpang.

“Saat summer ini, Australia sedang liburan, dan jika dilihat dari data kunjungan domestik dan internasional keduanya naik. Kami melihat Juli cukup tinggi tetapi akan terjadi perlambatan di bulan berikutnya dan meningkat lagi pada Desember. Ini adalah siklusnya,” tambahnya.

Dengan ramainya Pulau Bali pada musim liburan, PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai berkomitmen memberikan pengalaman terbang yang tidak terlupakan dengan terselenggaranya Joyful Holiday di bandara. Area terminal domestik dan internasional didekorasi dengan ornamen bertema libur musim panas, serta disajikan penampilan parade karnaval yang meriah, permainan dengan berbagai hadiah menarik, serta kegiatan interaktif seperti face painting. Semua atraksi ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan selama periode liburan.

Handy mengungkapkan, pada periode itu juga pihaknya melaksanakan penyerahan hadiah kepada perwakilan pemenang Loyalty Program Eat Shop Fly, yang telah berlangsung sejak 1 Desember 2023 hingga 30 April 2024. Program ini, kata dia, diluncurkan untuk memberikan apresiasi kepada penumpang yang berbelanja di bandara.

Penyerahan hadiah utama kepada perwakilan pemenang dilakukan langsung oleh manajemen PT Angkasa Pura I yang diwakili oleh Vice President Customer Experience Heru Nugroho dan General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan di selasar kedatangan domestik bandara pada Sabtu (13/7) sore. Dengan adanya event Joyful Holiday dan Loyalty Program Eat Shop Fly, PT Angkasa Pura I terus berusaha meningkatkan kepuasan dan kenyamanan penumpang serta pengguna jasa di Bandara.

“Setiap program yang kami selenggarakan bertujuan untuk meningkatkan customer engagement serta bentuk apresiasi kami kepada para penumpang dan pengguna jasa yang sudah berbelanja di gerai-gerai yang ada di bandara. Kami berharap program ini juga akan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan serta menghadirkan kenangan indah bagi seluruh penumpang dan pengguna jasa,” imbuh Handy. 7 ol3

Komentar