nusabali

Amdal Lalin Pasar Gadarata Ditender

  • www.nusabali.com-amdal-lalin-pasar-gadarata-ditender

TABANAN, NusaBali - Progres pembangunan Pasar Gadarata, Tabanan, masih panjang. Saat ini baru menuntaskan lelang tender analisis dampak mengenai lingkungan (amdal) lalulintas yang sudah mendapatkan pemenang.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Tabanan, I Gede Urip Gunawan mengatakan pembangunan Pasar Gadarata masih berproses. Terbaru sudah menyelesaikan proses tender amdal lalin."Amdal lalin ini sudah ada pemenangnya, anggarannya Rp 250 juta. Untuk amdal lingkungan hidup masih proses karena tender sempat gagal. Tahun depan disiapkan tender ulang dengan anggaran Rp 750 juta," ujarnya, Minggu (14/7). 

Dia menjelaskan amdal lalin ini dibutuhkan mengingat pembangunan Pasar Tabanan memiliki dampak lalu lintas. Karena pembangunan berada ditengah Kota Tabanan.  "Pemenang lelang dari amdal lalin ini PT Andalan Mitra Nusantara dengan nama paket kegiatan pembangunan dan pengelolaan sarana distribusi perdagangan," tegasnya. 

Untuk saat ini, sebut Urip, proses keseluruhan dari tahapan pembangunan masih menunggu proses persetujuan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Progresnya masih perbaikan dokumen fasilitasi penyiapan proyek atau project development facility (PDF) untuk pemenang badan usaha. 

"Pembangunan ini skemanya kan menggunakan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Nah, kalau proses itu disetujui oleh Kementerian Keuangan. Dia yang membantu dokumen penyiapan untuk lelang dan mendampingi sampai finasial closing," tandasnya. 

Untuk diketahui Pasar Gadarata dibuat melalui proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Pembangunan pasar ini tidak menggunakan anggaran pemerintah. Rencananya dibangun tahun 2025. 

Sebelumnya, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya telah mengikuti proses market sounding ke Kantor Bappenas di Jakarta. Saat itu banyak perusahaan berminat untuk berinvestasi di Pasar Tabanan. 

Bahkan tak hanya mencari perusahaan ke Jakarta, market sounding juga bakal digelar di Kabupaten Tabanan. Bupati Sanjaya berharap pembangunan Pasar Tabanan menjadi pertumbuhan ekonomi yang pesat. Sebab Pasar Tabanan dibuat dengan konsep memadukan pasar modern dan pasar tradisional.

Sebelum tahap market sounding, konsultasi publik dengan pedagang terkait pembangunan Pasar Tabanan atau yang disebut Pasar Gadarata (Gabungan Pedagang Rakyat Tabanan) sudah berlangsung Rabu (18/10) lalu di Gedung Maria. 

Pasar Tabanan akan dilengkapi dengan depstore dan bioskop. Terungkap bioskop dan depstore bakal disediakan dua tempat yakni di lantai 4 dan lantai 5. Kemudian di lantai I dan II khusus untuk pusat kuliner lokal, kios souvenir, los basah, los kering dan penasaran. Lalu di Lantai III dipusatkan tempat retail, fashion dan assesoris. Sementara untuk parkir bakal dibangun bassement.7des

Komentar