nusabali

PJI COY Antar Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

  • www.nusabali.com-pji-coy-antar-pelajar-indonesia-ke-kompetisi-wirausaha-tingkat-global

JAKARTA, NusaBali.com - Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar PJI Company of the Year Competition 2024 (PJI COY) di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, pada Sabtu (13/7/2024).

Ajang bergengsi ini menjadi gerbang awal bagi wirausaha muda terbaik dari 11 SMA/SMK di berbagai daerah di Indonesia menuju kompetisi wirausaha tingkat Asia Pasifik di Tokyo, Jepang, dan juga tingkat global di tahun 2025.

Kompetisi ini merupakan puncak dari program edukasi kewirausahaan Student Company yang dijalankan PJI dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks Indonesia, dan AIG Indonesia.

Melalui program ini, para siswa didampingi secara intensif dan didorong untuk membentuk tim, mengembangkan ide dan strategi, serta mengoperasikan bisnis di sekolah.

"Student Company dan PJI COY tahun ini menitikberatkan pada keseimbangan antara profitabilitas, keberlanjutan, dan optimasi teknologi pada bisnis. Siswa didorong untuk menggali kreativitas dan inovasi tanpa batas dalam menciptakan peluang ekonomi baru yang mengedepankan etika dan kontribusi sosial ekonomi," ujar Pribadi Setiyanto, Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia.

Dukungan Berbagai Pihak

Heriyanto A Putra, Wakil Presiden Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich Indonesia), mengungkapkan komitmen Zurich untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda Indonesia melalui Zurich Entrepreneurship Program.

"Bersama PJI dan dengan dukungan dari Z Zurich Foundation, kami akan memperluas kesuksesan program edukasi ini dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah di periode implementasi berikutnya," jelasnya.

Liryawati, Chief Operating Officer Starbucks Indonesia, menyatakan bahwa Starbucks selalu berupaya untuk menciptakan inisiatif-inisiatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

"Bersama partner Starbucks, kami mendedikasikan kemitraan bersama PJI untuk memberdayakan generasi muda Indonesia dengan keterampilan esensial yang bermanfaat untuk masa depan mereka," terangnya.

Michael J Morris, Direktur AIG Indonesia, menambahkan bahwa program ini membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan.

"Selain membangun keterampilan kewirausahaan, siswa juga memiliki kesempatan untuk belajar berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas," imbuhnya.

Penghargaan dan Juri

Dalam PJI COY 2024, dewan juri yang terdiri dari pengusaha dan profesional bisnis mengevaluasi kinerja bisnis para siswa secara komprehensif.

Selain penghargaan PJI Company of the Year, terdapat tiga penghargaan baru, yaitu Best Financial Management, Sustainability Excellence, dan Best Use of Technology.

Prestasi Junior Indonesia (PJI) adalah anggota organisasi non-profit terbesar di dunia, JA Worldwide, yang berfokus pada pengembangan generasi muda di bidang pekerjaan dan kewirausahaan.

PJI telah memberikan manfaat kepada lebih dari 700.000 generasi muda sejak tahun 2011 dan masuk dalam daftar 10 LSM paling berdampak di dunia oleh thedotgood (sebelumnya bernama NGO Advisor) pada tahun 2023.



Komentar