nusabali

Lomba Gerak Jalan 45 Km Akhirnya Jadi Dilaksanakan

Tampung Aspirasi Masyarakat

  • www.nusabali.com-lomba-gerak-jalan-45-km-akhirnya-jadi-dilaksanakan

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Buleleng akhirnya memutuskan untuk menyelenggarakan lomba gerak jalan 45 kilometer dewasa putra, yang sebelumnya disebut absen karena berbagai alasan.

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng bersama panitia kembali mengkaji penyelenggaraan lomba gerak jalan 45 kilometer. Sebab banyak aspirasi masyarakat yang menyatakan semarak 17 Agustus kurang seru tanpa lomba gerak jalan ikonik Buleleng sejauh 45 kilometer.

Rangkaian lomba gerak jalan serangkaian HUT RI memang rutin diselenggarakan Pemkab Buleleng setiap tahunnya. Hanya saja dari beberapa kategori, lomba gerak jalan 45 kilometer sudah absen pada tahun 2023. Lomba gerak jalan dewasa putra 45 kilometer ini terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2022 lalu.

Awalnya, pada rangkaian lomba gerak jalan tahun ini, kategori 45 kilometer dewasa putra ditiadakan. Alasannya karena waktu persiapan cukup mepet dan juga dalam kondisi tahapan Pilkada 2024. Pelaksanaan lomba yang biasa dimulai malam hari hingga subuh ini dinilai berisiko tinggi rawan keributan.

Namun Panitia dan Pj Bupati Lihadnyana akhirnya menyetujui lomba gerak jalan 45 kilometer dewasa putra kembali dilaksanakan tahun ini karena desakan dari masyarakat. “Dua hari lalu, saya minta masukan ke staf, setelah melihat dinamika. Ya memang di masyarakat sangat antusias menginginkan gerak jalan 45 dilaksanakan lagi. Saya juga dapat masukan DPRD Buleleng, sehingga keputusannya akan diadakan,” terang Lihadnyana.

Saat ini Panitia sudah membuka pendaftaran untuk lomba gerak jalan 45 kilometer berbarengan dengan lomba gerak jalan 8 kilometer SD, 8 kilometer SMP dan 17 kilometer SMA/SMK dan Umum.

Khusus untuk gerak jalan 45 kilometer dewasa putra karena memerlukan biaya cukup tinggi dalam persiapan, Pemkab Buleleng sudah menyiapkan hadiah dari APBD Perubahan 2024. Sementara anggaran yang disiapkan hanya untuk hadiah Juara I, II dan III.

Lihadnyana pun menekankan dalam pelaksanaannya nanti, panitia diingatkan untuk berkoordinasi dengan Polres Buleleng dan instansi terkait untuk mengoptimalkan pengamanan.7 k23

Komentar