nusabali

Bunda Rai Wahyuni Sanjaya Kenalkan Literasi Lewat Story Telling Tingkat PAUD

  • www.nusabali.com-bunda-rai-wahyuni-sanjaya-kenalkan-literasi-lewat-story-telling-tingkat-paud

TABANAN, NusaBali - Bunda PAUD Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya yang juga selaku Bunda Literasi, mengenalkan literasi pada anak-anak usia dini dalam kegiatan story telling tingkat PAUD Kabupaten Tabanan, Senin (15/7).

Kegiatan yang bertujuan untuk mendukung transisi anak-anak PAUD ke jenjang pendidikan lebih tinggi dengan cara yang menyenangkan ini digelar di Sanggar Kesenian Jayaning Singasana, Rumah Jabatan Bupati Tabanan.

Kegiatan ini dihadiri siswa PAUD TK Negeri Pertiwi, orangtua, sejumlah pejabat, dan tenaga pendidik terkait. Sebelum memulai sesi cerita, Bunda Rai mengajak anak-anak untuk berkeliling dan bermain serta melihat satwa yang dipelihara di area rumah jabatan bupati.

“Ini adalah momen yang berharga bagi anak-anak untuk belajar sambil bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar. Kami ingin memberikan pengalaman yang berkesan bagi mereka, sebelum mereka melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ujar Bunda Rai.

Kata dia, tujuan dari story telling ini agar anak-anak dapat mengembangkan imajinasi, emosi, seni, daya fantasi, kehalusan budi, aspek intelektual, aspek kepekaan, menciptakan suasana di sekolah yang menyenangkan. “Jadi untuk mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, story telling penting diberikan,” ujarnya.
 
Pada kesempatan itu cerita yang dibacakan Bunda Rai berjudul ‘Beruang yang Adil dan Bijaksana’. Dipilihnya cerita itu untuk mengajarkan nilai-nilai keadilan dan kebijaksanaan kepada anak-anak. Sebab dalam cerita ini, beruang yang menjadi tokoh utama memperlihatkan sikap bijaksana dalam menyelesaikan masalah di hutan tempat tinggalnya.

“Melalui cerita ini, kami harap anak-anak bisa belajar tentang pentingnya bersikap adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. Kami percaya, bahwa dengan membaca cerita, anak-anak tidak hanya belajar membaca dan memahami kata-kata, tetapi juga membangun karakter yang baik,” tambah Bunda Rai.

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama menegaskan stroy telling adalah pola pembelajaran untuk membangun kemampuan literasi dan numerasi anak usia dini dengan cara yang menyenangkan.

“Dengan kegiatan story telling ini, diharapkan anak-anak memiliki kemampuan untuk berliterasi sebagai pondasi dan kesiapan bersekolah ke jenjang selanjutnya,” kata Darma Utama. @ des 

Komentar