nusabali

Tim Bulutangkis Jalani latihan Perdana di Chambly

Fajar/Rian Fokus Lolos Fase Grup Olimpiade

  • www.nusabali.com-tim-bulutangkis-jalani-latihan-perdana-di-chambly

JAKARTA, NusaBali - Pelatih ganda putra Indonesia Aryono Miranat mengatakan fokus  Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yakni persiapan matang demi lolos fase grup Olimpiade Paris 2024.

Wakil Indonesia satu-satunya di sektor ganda putra itu resmi di Grup C bersama unggulan ketiga asal India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, pasangan Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, dan wakil tuan rumah Lucas Corvee/Ronan Labar

“Di grup mana pun kami harus siap. Kami akan fokus untuk lolos dari grup ini terlebih dahulu," kata Aryono dalam rilis PP PBSI, Senin (16/7).

Aryono mengatakan Fajar/Rian harus tampil maksimal dalam setiap pertandingan yang akan dijalani nanti. Ya, terutama tidak boleh kalah dari pasangan Prancis dan Jerman. Bukan berarti dengan pasangan India boleh kalah, tapi harus berjuang jadi juara grup.

“Di Grup C, Fajar/Rian harus jaga pikiran dan jaga mental. Harus terus berpikir positif karena ini Olimpiade, siapapun lawannya harus siap. Jangan pernah sekalipun meremehkan lawan,” ujar Aryono.

Saat ini, Fajar/Rian dan delapan atlet bulu tangkis Indonesia melakoni latihan perdana di Pusat Olahraga Chambly Maville, Prancis. Aryono memastikan, rangkaian program dalam pemusatan latihan akan menyesuaikan dengan calon-calon lawan.

Sementara latihan di Chambly Maville sendiri berlangsung selama dua jam. Mereka ditemani tim sparring dan mendapatkan pendampingan penuh dari pelatih, tim pendukung, serta mentor.

“Saat ini kondisi semua terutama atlet-atlet olimpiade baik-baik saja, sehat dan semangatnya sangat terlihat,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja.

Ricky mengatakan tujuan training camp untuk pemantapan, sedangkan intensitasnya disesuaikan dengan kebutuhan atlet, tidak harus sama dengan saat latihan selama pelatnas.

“Di sisa waktu yang ada sebetulnya hanya menjaga performa. Program latihan tetap sama seperti di pelatnas, satu hari dua kali tetapi tidak ada penekanan khusus, sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan atlet saja,” kata Ricky.

Di sisi lain, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung memfokuskan latihan pertama ini untuk mengembalikan kondisi fisik. “Fokusnya tadi masih di pengembalian fisik setelah perjalanan cukup panjang kemarin,” kata Gregoria.

Senada, tunggal putra Jonatan Christie juga menjadikan latihan pertama ini untuk mengembalikan kondisi. DIa mengatakan, perjalanan dari Jakarta lancar dan latihan pun sudah cukup bagus. 

Fokus saya masih mengembalikan kondisi dan feeling-feeling pukulan,” jelas Jonatan. “Untuk fasilitas sudah lebih siap dari saat pertama kami ke sini ketika French Open lalu. Salah satu contohnya, karpet lapangan yang sudah terpasang,” pungkas Jonatan Christie. ant

Komentar