nusabali

Pj Bupati Dorong Peningkatan Digitalisasi Pelayanan

  • www.nusabali.com-pj-bupati-dorong-peningkatan-digitalisasi-pelayanan

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika membuka kegiatan High Level Meeting (HLM) percepatan dan perluasan digitalisasi daerah di hotel kawasan Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (16/7).

Kegiatan ini dalam rangka evaluasi program Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan persiapan peningkatan pelaksanaan digitalisasi daerah. Meningkatkan kapabilitas anggota TP2DD Kabupaten Klungkung. Hadir, Sekda Klungkung Anak Agung Gede Lesmana.

Jendrika menyampaikan digitalisasi adalah proses pelayanan kepada masyarakat untuk lebih mudah, lebih lancar, dan lebih baik. Termasuk juga pelayanan yang terjadi di Pemerintah Kabupaten Klungkung. 

Jendrika juga mengapresiasi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan berbagai instansi yang turut berkontribusi dalam pembentukan TP2DD sebagai upaya percepatan digitalisasi di seluruh sektor yang ada di Kabupaten Klungkung. “Mudah-mudahan TP2DD yang didukung oleh Bank Indonesia dan Bank BPD Bali sebagai fasilitator transaksi sudah selalu bergerak dalam mewujudkan tujuan kita bersama,” harap Jendrika.


Ke depan tidak hanya difokuskan kepada pajak dan retribusi daerah, namun sudah diperluas penyediaan kanal digitalnya pada sektor perdagangan, UMKM, destinasi wisata yang dikelola pemerintah maupun swasta serta sektor lain yang menunjang daerah wisata di Kabupaten Klungkung. 

Tujuannya, memberikan kemudahan dan meningkatkan layanan transaksi secara digital. Melalui penerapan digitalisasi ini juga diharapkan bisa meningkatkan penerimaan PAD di Kabupaten Klungkung. “Mari tetap berkomitmen untuk meningkatkan penerapan elektronifikasi di dalam pengelolaan keuangan baik sisi belanja maupun pendapatan,” ujar Jendrika. 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Klungkung, I Dewa Griawan, mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan realisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah melalui kanal digital serta percepatan penerapan Kartu Kredit Indonesian (KKI). 

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berupaya mengelola retribusinya melalui digitalisasi. “Ke depan mari bersama-sama kita tingkatkan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah di Kabupaten Klungkung utamanya dari sisi pajak dan retribusi daerah,” ujar Dewa Griawan. @ wan

Komentar