nusabali

Puluhan Napi Lapas Tabanan Dites Urine

  • www.nusabali.com-puluhan-napi-lapas-tabanan-dites-urine

TABANAN, NusaBali - Sebanyak 30 warga binaan Lapas Kelas II B Tabanan jalani tes urine pada Selasa (16/7). Tes urine yang dilakukan ini bagian dari proses narapidana mengikuti rehabilitisi narkoba.

Tes urine yang digelar oleh Tim Medis Lapas Tabanan adalah tes lanjutan. Sebab dalam satu semester, narapidana yang mengikuti rehab menjalani tiga kali tes urine. 

Kepala Subseksi Perawatan Narapidana/Anak Didik sekaligus Program Manajer (PM) Rehabilitasi Sosial I Gede Komang Werdi, mengatakan bahwa kegiatan tes urine merupakan salah satu indikator dari sukses tidaknya pelaksanaan kegiatan rehab. “Kita berharap warga binaan peserta rehab bisa terbebas dari ketergantungan obat-obatan terlarang,” ujarnya. 

Komang Werdi juga mengingatkan kepada warga binaan peserta rehab untuk tidak sekali-sekali melakukan tindakan yang dapat menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib). 

“Selain sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan program, tes urine ini juga kami laksanakan dalam upaya deteksi dini gangguan kamtib, salah satunya yaitu peredaran obat-obatan terlarang di dalam lapas,” ucap Komang Werdi.

Dokter Lapas Tabanan dr Luh Putu Tresnadewi mengatakan bahwa dari 30 orang peserta rehab yang mengikuti tes urine hasilnya semua negatif. “Dari hasil tes urine ini kami berharap dapat menjadi salah satu indikator positif, sehingga pelaksanaan program rehabilitasi sosial tahun ini berjalan dengan lancar,” harapnya. 7 des

Komentar