nusabali

HUT ke-46, TVRI Bali Komit Kawal Budaya Bali

  • www.nusabali.com-hut-ke-46-tvri-bali-komit-kawal-budaya-bali

DENPASAR, NusaBali - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Bali merayakan HUT ke-46 pada Selasa (16/7) bertempat di Stasiun TVRI Bali, Jalan Cok Agung Tresna, Denpasar. HUT TVRI Bali kali ini mengangkat tema ‘Kreatif Mengawal Budaya Bali’.

Pada puncak perayaan hari jadi ini, TVRI Bali melakukan beberapa kali acara siaran langsung sejak pagi hingga malam dengan menghadirkan acara-acara bertema budaya Bali. 

Melalui momen ulang tahun, TVRI Bali berkomitmen menghadirkan acara-acara terkait budaya Bali untuk menarik minat penonton lokal di Bali. Saat ini sekitar 70 persen acara TVRI Bali yang kini bersiaran 24 jam sudah terkait budaya Bali. 

“Komitmen kita TV lokal tentu mengawal budaya-budaya kita, sebagai pelestari budaya Bali. Target kami nanti 80 persen tayangan lokal untuk menarik minat masyarakat lokal menonton TVRI Bali,” ujar Kepala Stasiun TVRI Bali I Gede Mustito ditemui di sela acara. 

Ia mengatakan, TVRI Bali beruntung karena budaya Bali yang dikenal luas hingga mancanegara memiliki nilai yang banyak menginspirasi banyak orang. Saat ini berbagai acara mulai hiburan hingga talk show bertema budaya Bali telah hadir di layar kaca TVRI.  “Bahkan penggunaan bahasa juga menggunakan bahasa Bali,” kata Mustito. 


Ketua panitia HUT ke-46 TVRI Bali Made Sarjana menyampaikan, sejumlah kegiatan telah dilakukan pihaknya sejak 19 Juni 2024 untuk memeriahkan hari jadi TVRI Bali. Khusus pada puncak HUT ke-46 TVRI Bali disiarkan sejumlah acara secara live dimulai acara Antar Nusa, Balinema, Harmony, Rumah Budaya, Bali Hari Ini Spesial HUT TVRI Bali, dan Musikalisasi Puisi Bali Khusus HUT TVRI Bali. 

Di sela acara-acara live tersebut diselingi dengan sejumlah program yang telah dibuat sebelumnya secara langsung di tengah-tengah masyarakat (Roadshow). Acara Roadshow ini mengangkat tema musik hingga membahas proses Pilkada serentak Bali tahun 2024. “Untuk offair kita mengadakan roadshow, supaya ada pendekatan ke masyarakat kita bawa ke banjar-banjar,” jelas Sarjana. 

Lebih lanjut dijelaskan, salah satu kegiatan menarik serangkaian perayaan HUT TVRI Bali, adalah Lomba Film Pendek yang dibuka untuk umum. Kegiatan lomba diawali dengan workshop pada 19 Juni 2024 lalu. Lomba lainnya yang digelar yakni lomba otomotif dan cosplay. Selain lomba untuk umum, secara internal TVRI Bali juga mengadakan sejumlah lomba seperti lomba membuat penjor.

“Kita juga mengadakan hari keluarga mengundang para pensiunan,” imbuh Sarjana. Rangkaian perayaan HUT TVRI Bali masih akan berlanjut hingga HUT TVRI Nasional pada 24 Agustus 2024. Sejumlah kegiatan lomba lainnya akan dilakukan hingga melakukan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove. 7 a

Komentar