nusabali

Southgate Mundur dari Timnas Inggris

102 Laga, Dua Final, Nol Trofi

  • www.nusabali.com-southgate-mundur-dari-timnas-inggris

Kandidat pelatih baru Timnas Inggris diantaranya adalah Eddie Howe (Newcastle United), eks manajer Chelsea, Graham Potter, dan mantan manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino.

LONDON, NusaBali
Gareth Southgate mengumumkan mundur dari posisi sebagai pelatih Timnas Inggris menyusul kegagalannya mengantarkan The Three Lions menjadi juara Piala Eropa 2024 setelah dikalahkan Spanyol 1-2 pada Senin (15/7).

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA) pada Selasa. "Sebagai orang Inggris, sebuah kebanggaan bisa bermain dan pada akhirnya melatih Timnas Inggris... Namun, sudah waktunya perubahan, dan sebuah babak baru," kata Southgate di situs resmi FA. 

"Laga final di Berlin melawan Spanyol adalah yang terakhir bagi saya sebagai pelatih Inggris. Saya mendapatkan keistimewaan untuk bisa memimpin para pemain dalam 102 pertandingan," lanjutnya.

Untuk diketahui, Southgate melatih Inggris sejak 2013. Awalnya ia melatih Timnas U-21, sebelum dipromosikan ke tim senior menggantikan Sam Allardyce pada 2016. Bersama Southgate, Inggris bisa melesat di beberapa ajang namun kesulitan meraih trofi. Di Piala Dunia 2018, Inggris sampai semifinal dan finish keempat. Di edisi 2022, Inggris sampai perempatfinal dan disingkirkan Prancis.

Sementara di Euro 2020 dan 2024, Southgate cuma bisa membawa Timnas Inggris menjadi runner up. Total, ia sudah memimpin 102 laga, memberi 61 kemenangan, 24 imbang, dan 17 kali kalah, dengan persentase kemenangan mencapai 59,8 persen.

Sementara itu, FA menyebut bahwa proses pencarian pengganti Southgate sedang dijalankan. Opsi memilih pelatih sementara juga terbuka mengingat Inggris sudah harus bertanding di UEFA Nations League pada 7 September mendatang.

“Proses penunjukan sedang berlangsung dan kami ingin manajer baru dikonfirmasi sesegera mungkin. Mungkin saja kami menggunakan solusi interim,” ujar CEO FA, Mark Bullingham, seperti dilansir BBC. 

“Kami tahu akan ada spekulasi yang tak bisa dihindari pada prosesnya, tapi kami tidak akan berkomentar lebih jauh mengenai hal ini sampai kami menunjuk pelatih baru,” katanya.

FA kabarnya sudah punya daftar kandidat pelatih baru Timnas Inggris. Di antaranya adalah Eddie Howe (Newcastle United), eks manajer Chelsea, Graham Potter, dan mantan manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. 7 ant

Komentar