nusabali

Tagel Wirasa Respon Pandangan Umum Fraksi DPRD Gianyar

Tanggapi Persoalan Sampah, Toilet hingga Trotoar Rusak

  • www.nusabali.com-tagel-wirasa-respon-pandangan-umum-fraksi-dprd-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Gianyar, dalam sidang paripurna dewan di Gedung DPRD Gianyar, Selasa 916/7). Tagel Wirasa membeber capaian Pemkab Gianyar serta upaya mengatasi beberapa persoalan, mulai masalah sampah hingga trotoar rusak.

Tagel Wirasa merespon pandangan umum Fraksi Golkar yang disampaikan juru bicara I Wayan Gede Sudarta, terkait RPJPD, RPJM, RKPD dan APBD yang masih perlu dicermati sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri. Tagel Wirasa mengatakan akan dilakukan upaya sinkronisasi dalam pembahasan ke depan. “Terhadap sinkronisasi perencanaan, saya sependapat, ke depan mari kita upayakan bersama dalam pembahasan-pembahasan berikutnya,” ujar birokrat Pemprov Bali, ini.

Terhadap fasilitas dasar penunjang pariwisata seperti toilet rusak di kawasan destinasi pariwisata seperti Tirta Empul, jalan dan trotoar rusak, Tagel Wirasa mengatakan tahun 2024 sudah dianggarkan untuk perbaikan toilet di DTW (Daya Tarik Wisata) Tirta Empul. Untuk tenaga kebersihan toilet di 4 DTW pihaknya bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pengadaan tenaga outsourcing. 

Sementara menanggapi permasalahan sampah, Tagel Wirasa mengutarakan, dalam proses pengembangan upaya pengelolaan persampahan di Kabupaten Gianyar, pihaknya menyadari bahwa penerapan suatu kebijakan pasti berdampak pada masyarakat, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Seperti kondisi TPA Temesi yang sudah overload menyebabkan diterapkan sistem open dumping. “Memperhatikan kondisi tersebut, diambil kebijakan mengoptimalkan kewajiban penghasil sampah untuk melakukan pemilahan sampah sejak dari sumber,” tegas Tagel Wirasa.

Sebaliknya terkait dengan masalah pendidikan, dirinya telah meminta Dinas Pendidikan untuk mengoptimalkan monitoring kondisi kerusakan sekolah khususnya jenjang SD dengan melibatkan pengawas sekolah dan mempermudah pengajuan usulan rehab dari sekolah. Tagel Wirasa meminta pihak Dinas Pendidikan menyampaikan foto/vidio kerusakan.nvi 

Komentar