nusabali

Ribuan Orang Kunjungi Pantai Pandawa Tiap Hari

  • www.nusabali.com-ribuan-orang-kunjungi-pantai-pandawa-tiap-hari

MANGUPURA, NusaBali - Kunjungan wisatawan ke DTW Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung terus mengalami lonjakan setelah masa sulit pada saat Pandemi Covid-19. Kunjungan wisatawan bahkan tercatat ribuan orang setiap hari.

Manajer Pengelola Pantai Pandawa I Wayan Letra, mengatakan kunjungan harian saat ini telah mencapai angka rata-rata 3.500 hingga 4.000 orang. Bahkan bisa mencapai 7.000 orang pada hari libur. “Angka kunjungan saat ini telah melampaui rata-rata sebelum pandemi atau pada 2019, yang hanya mencapai 2.000 hingga 2.500 orang per hari dan maksimal 3.000 orang pada long weekend atau libur panjang,” jelas Letra, Rabu (17/7) siang.

Letra lebih lanjut mengatakan peningkatan kunjungan tidak hanya dari wisatawan domestik (wisdom) tetapi juga dari wisatawan mancanegara (wisman). Masih menurut Letra, peningkatan kunjungan wisatawan ini tak lepas dari kemudahan akses telah memberikan kontribusi signifikan, terutama setelah Jalan Alas Arum dihubungkan dengan baik ke Jalan Nusa Dua Selatan, sehingga membuat pengunjung dapat lebih mudah menuju Pantai Pandawa tanpa mengalami kendala seperti sebelumnya.

“Menurut saya, kemudahan akses juga mempengaruhi, karena sekarang Jalan Alas Arum sudah tersambung dengan baik dengan Jalan Nusa Dua Selatan. Kalau dahulu mungkin orang malas berhadapan dengan kekroditan Jalan Uluwatu,” katanya.

Selaras dengan hal tersebut, Direktur Utama Bhaga Utsaha Manunggal Desa Adat (BUMDA) Kutuh Ni Luh HepiWiradani. Dia mengungkapkan kegembiraannya atas perkembangan positif di Pantai Pandawa. Kunjungan ke pantai ini tidak hanya berkaitan dengan aktivitas wisata bahari seperti bermain kano, snorkeling, dan menikmati keindahan panorama pantai, tetapi juga semakin banyak wisatawan yang tertarik dengan program-program back to nature seperti penanaman terumbu karang dan wisata edukasi.

“Kami akan terus berbenah untuk mengoptimalkan potensi yang ada, termasuk melalui penyelenggaraan festival-festival seperti Semarak Pandawa yang baru-baru ini sukses dilaksanakan,” ujar Hepi Wiradani.

Menurutnya, gelaran Semarak Pandawa berhasil menarik kunjungan harian hingga mencapai 7-10 ribu orang, menandai peningkatan signifikan dalam kunjungan wisatawan. Dia berharap event tersebut dapat menjadi agenda tahunan dan menjadi ikon promosi pariwisata Bali. “Dukungan dari Dinas Pariwisata sangat kami harapkan untuk membuat Semarak Pandawa tetap berlangsung setiap tahunnya,” harapnya. 7 ol3

Komentar