nusabali

4 SD di Nusa Penida Tak Dapat Siswa

  • www.nusabali.com-4-sd-di-nusa-penida-tak-dapat-siswa

SEMARAPURA, NusaBali - Empat sekolah dasar (SD) di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tidak dapat siswa baru pada Tahun Ajaran 2024/2025. Keempat SD itu yakni SDN 4 Ped, SDN 2 Kutampi, SDN 3 Kutampi, dan SDN 1 Sekartaji.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Klungkung, I Nyoman Sukadana, mengatakan sekolah yang sangat minim mendapatkan siswa tidak memungkinkan untuk diregrouping. 

Sebab jarak rumah siswa dengan sekolah lainnya cukup jauh dan bisa merugikan siswa. “Kami sedang mencarikan solusinya,” ujar Sukadana, belum lama ini.

Faktor yang menyebabkan keempat SD itu tidak mendapatkan siswa baru di antaranya jumlah anak usia sekolah di wilayah itu yang sangat minim. Warga di sana banyak merantau dan anak-anak mereka sekolah di rantau. 

Selama masih ada siswa di kelas II, III, IV, V, dan VI, maka sekolah yang tidak mendapatkan siswa baru tetap beroperasi seperti biasa. “Aktivitas belajar mengajar tetap berlangsung untuk kelas lainnya,” jelas Sukadana.

Disdikpora Klungkung akan meregrouping atau menggabungkan enam sekolah SD menjadi 3 SD di Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Penyebabnya, jumlah siswa di sekolah tersebut kian menurun atau kurang dari 60 siswa. 

Keenam sekolah itu yakni SD Negeri 2 Tihingan digabung ke SD Negeri 3 Tihingan, SDN 2 Bakas bergabung ke SDN 1 Bakas, dan SDN 2 Negari bergabung ke SDN 1 Negari. 7 wan

Komentar