nusabali

Bank Indonesia Tahan Suku Bunga BI-Rate di 6,25 Persen

  • www.nusabali.com-bank-indonesia-tahan-suku-bunga-bi-rate-di-625-persen

JAKARTA, NusaBali - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menahan suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate di level 6,25 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang berlangsung pada 16-17 Juli 2024.

Suku bunga deposit facility juga tetap 5,5 persen dan suku bunga lending facility tetap sebesar 7 persen.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 16 dan 17 Juli 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 6,25 persen," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (17/7).

Menurut Perry, keputusan ini konsisten dengan kebijakan moneter pro-stability yaitu sebagai langkah preemptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5 persen pada 2024 dan 2025.

"Fokus kebijakan moneter dalam jangka pendek diarahkan untuk memperkuat efektivitas stabilisasi nilai tukar rupiah dan menarik aliran masuk portofolio asing," imbuhnya.

Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk mendorong kredit pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

"Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter makroprudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di tengah masih tingginya tidak pasien pasar keuangan global," pungkasnya. 7

Komentar