nusabali

Kadek Arel Cetak Satu Gol, Indonesia Gilas Filipina 6-0

  • www.nusabali.com-kadek-arel-cetak-satu-gol-indonesia-gilas-filipina-6-0

SURABAYA, NusaBali - Timnas Indonesia U-19 menggilas Filipina enam gol tanpa balas, dalam laga penyisihan Grup A ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (17/7) malam. Di laga sebelumnya di tempat yang sama, Timor Leste U-19 menaklukkan Kamboja 3-2.

Di babak pertama Kadek Arel Priyatna dkk sudah unggul 4-0, dan dua gol lagi dilengkapi di babak kedua. Sedangkan dua gol Indonesia di babak kedua dicetak Jens Raven pada menit ke-87 dan Arlyansyah Abdulmanan pada menit ke-50. Sedangkan Arlyansyah sendiri membuka keran gol Indonesia pada menit ke-12, lalu diteruskan Iqbal Gwijangge menit ke-22 dan 43 serta Kadek Arel menit ke-29.

Dalam laga itu Indonesia tampil dengan starting full pemain lokal. Pemain diaspora, Jens Raven tidak dimainkan sejak awal oleh Indra Sjafri. Sebagai gantinya, sosok Arkhan Kaka dipercaya untuk menjadi ujung tombak Indonesia.

Dalam laga itu, Indonesia tampil percaya diri. Skuad Garuda Nusantara langsung memberikan tekanan yang masih ke lini pertahanan Filipina. Lalu gol pertama hadir pada menit ke-10 lewat Arlyansyah Abdulmanan.

Indonesia kian percaya diri dan gol kedua terjadi pada menit ke-21. Umpan silang Mufli Hidayat disambar dengan tandukan Iqbal Gwijangge, dan dan gagal dihentikan kiper Filipina.

Gol ketiga Indonesia hadir pada menit ke-29. Berawal dari situasi tendangan sudut, Kadek Arel Priyatna mencetak gol lewat tandukan kepala yang tajam. Indonesia bermain lebih santai di sisa babak pertama. Kadek Arel dkk menanti babak pertama selesai sembari sesekali menusuk pertahanan Filipina.

Iqbal Gwijangge mencetak gol keduanya pada lagi ini di menit ke-42. Sontekannya dari jarak dekat mampu menembus gawang Timnas Filipina. Babak pertama pun berakhir 4-0 untuk Indonesia. Mereka memasuki ruang ganti dengan wajah sumringah.

Di babak kedua Arlyansyah kembali mencetak gol pada menit ke-50. Kali ini Arly memanfaatkan baik umpan dari Dony Tri Pamungkas. Di menit ke-67, Indra Sjafri melakukan dua pergantian pemain. Arkhan Kaka dan Dony Tri Pamungkas ditarik keluar. Indra memasukkan Jens Raven dan Alexandro Kamuru. Jens Raven pun mencetak gol pada menit ke-87usai memanfaatkan umpan dari Riski Afrisal.

Hingga laga usai skor 6-0 tidak berubah. Timnas Indonesia U-19 pun menjalani laga perdana Piala AFF U-19 2024 dengan sempurna. *

Starting XI Indonesia U-19: 
Ikram Al-Giffari; Kadek Arel Priyatna, Muhammad Alfharezzi Buffon, Dony Tri Pamungkas, Muhammad Mufli Hidayat, Muhammad Iqbal Gwijangge; Figo Dennis, Toni Firmansyah; M.Riski Afrisal, Arkhan Kaka, Arlyansyah Abdulmanan. Pelatih: Indra Sjafri

Komentar