nusabali

Sumbang Sepeda untuk Siswa yang Terkendala Jarak Tempuh ke Sekolah

Kepedulian Bhabinkamtibmas Bungkulan

  • www.nusabali.com-sumbang-sepeda-untuk-siswa-yang-terkendala-jarak-tempuh-ke-sekolah

SINGARAJA, NusaBali - Bhabinkamtibmas Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bripka I Putu Harisandy Mahayuda, bersama Perbekel Bungkulan I Gede Sudarjana menunjukkan kepedulian mereka pada dunia pendidikan dengan membantu seorang siswa kurang mampu yang mengalami kendala jarak tempuh untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP.

Siswa tersebut bernama Kadek Anggarsih dari Banjar Dinas Ancak, Desa Bungkulan. Pelajar berusia 14 tahun ini awalnya terdaftar di SMP Negeri 2 Sawan. Namun, jarak rumah ke sekolah yang cukup jauh, sekitar 5 kilometer serta orang tuanya yang kurang mampu dan tidak memiliki sepeda motor, membuatnya ragu untuk melanjutkan sekolahnya.

Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Darma Diatmika menyampaikan, Bripka Harisandy bersama Perbekel Sudarjana, kemudian menggalang donasi untuk membantu Kadek Anggarsih. Mereka memberikan bantuan berupa sepeda gayung, serta perlengkapan sekolah berupa sepatu, kaos kaki, alat tulis, dan alat sekolah lainnya.

“Awalnya Bhabinkamtibmas Desa Bungkulan mengunjungi warganya menanyakan kelanjutan sekolah. Disampaikan bahwa ada keraguan untuk melanjutkan sekolah dikarenakan jarak rumah ke sekolah cukup jauh kurang lebih 5 kilometer. Serta orang tua tidak memiliki dan juga tidak bisa mengendarai sepeda motor,” ujarnya, Kamis (18/7) siang.

Meski kondisinya serba terbatas, Kadek Anggarsih ingin tetap melanjutkan sekolah ke jenjang SMP, apalagi telah terdaftar bantuan KIP (Kartu Indonesia Pintar). Namun, lagi-lagi kendala jarak ke sekolah membuatnya mengurungkan niatnya melanjutkan pendidikan. Akhirnya setelah mendapatkan bantuan sepeda dan peralatan tersebut, ia melanjutkan sekolah.

“Bantuan speda dan alat sekolah itu untuk menunjang agar tetap melanjutkan sekolahnya untuk masa depan yang lebih baik. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian Bhabinkamtibmas terhadap masyarakat di wilayahnya, khususnya dalam bidang pendidikan. Diharapkan dapat memotivasi untuk terus bersekolah,” tambahnya.

Ia menyebutkan, melalui program Bhabinkamtibmas Peduli Masyarakat, diharapkan mengetahui kondisi atau masalah sosial langsung dari rumah ke rumah warganya. Kegiatan ini disebut sebagai salah satu tugas pokok Bhabinkamtibmas. Sehingga jika saat kunjungan ditemukan warga kurang mampu yang belum mendapat bantuan reguler pemerintah, bisa ditindaklanjuti.

“Tindak lanjutnya, Bhabinkamtibmas berusaha untuk mengkordinasikan dengan Pemerintah Desa atau dinas terkait dan juga penggiat sosial untuk bisa menjadi solusi terhadap permasalahan sosial warganya,” tambah AKP Diatmika.7 mzk

Komentar