nusabali

Dianggarkan Rp 3,9 Miliar, Pembangunan Pagar Kantor Bupati Dilanjut

  • www.nusabali.com-dianggarkan-rp-39-miliar-pembangunan-pagar-kantor-bupati-dilanjut

TABANAN, NusaBali - Penataan berupa pembangunan pagar di Kantor Bupati Tabanan berlanjut. Penataan saat ini dilakukan di sisi barat dan timur dengan anggaran Rp 3,9 miliar.

Pantauan di lapangan, pembongkaran sudah dilakukan sejak seminggu lalu. Konsep pembangunan pagar kantor ini hampir mirip dengan konsep pagar bagian depan. Hanya saja tidak dilengkapi patung. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darmasaputra, menegaskan pembangunan pagar sudah dilakukan awal Juli 2024 Target penyelesaian kerja Oktober 2024. "Pembangunan pagar melanjutkan penataan dari pagar sebelumnya. Sebelumnya di depan dan belakang, sekarang pada bagian barat dan timur," ujar Dedy, Kamis (18/7). 

Menurutnya, pembangunan pada sisi timur dan barat konsepnya hampir sama dengan pembangunan pagar sebelumnya. Hanya saja tidak berisi patung. "Sama seperti pagar yang ada di depan Kantor Dinas Pendidikan," tegasnya. 

Dia berharap pengerjaan patung ini segera rampung supaya penataan di Kantor Bupati Tabanan lebih rapi. "Proses pembangunan ini menggunakan sistem lelang karena anggarannya mencapai Rp 3,9 miliar," tandas Dedy Darmasaputra.

Untuk diketahui, tahun 2023 lalu Pemkab Tabanan merenovasi Kantor Bupati Tabanan dengan anggaran Rp 10 miliar. Renovasi ini dilakukan salah satunya untuk mempersiapkan Karya Ngenteg Linggih, 27 Desember 2023. Renovasi sejak 4 Oktober 2023 dan ditarget tuntas awal Desember 2023.

Dari penataan tersebut sejumlah aspek yang dibangun. Mulai dari Padmasana, pagar depan hingga ke pagar rumah jabatan Bupati Tabanan. Kemudian pemavingan bagian lantai, pembuatan drainase dan pembuatan pagar belakang. Termasuk di Kantor Bappeda dibuatkan Taman Singasana untuk tempat berkumpul dan merokok yang selama ini belum disediakan di Kantor Bupati.

Bagian dari penataan, di bagian pagar depan Kantor Bupati Tabanan dipasang 20 patung patih dan 5 patung sapi. Patung sapi yang dipasang ini lengkap dengan orang yang sedang membajak sawah. Dari lima patung sapi, terdapat satu patung sapi berukuran besar yang dipasang di bagian dalam Kantor Bupati Tabanan lengkap dengan kolam. Seluruh patung sapi ini berwarna putih. Sedangkan patung patih berwarna mencirikan pepatihan di Bali.7des

Komentar