nusabali

Minyakita Naik Jadi Rp15.700 Per Liter, Resmi Pekan Depan

  • www.nusabali.com-minyakita-naik-jadi-rp15700-per-liter-resmi-pekan-depan

JAKARTA, NusaBali.com - Harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat (MinyaKita) resmi naik menjadi Rp15.700 per liter. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Zulkifli menjelaskan bahwa kenaikan ini sudah berlaku di pasaran meskipun aturan resminya melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) baru akan diterbitkan pekan depan.

"Sudah berlaku harga Rp15.700 per liter. Nanti memang resminya tentu ada Permendag-nya," ujar Zulkifli usai meresmikan Porseni Kementerian Perdagangan di Jakarta pada Jumat (19/7/2024).

Penetapan HET baru ini melalui proses pertimbangan dan penyesuaian dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk nilai dolar AS yang menguat dan biaya pokok produksi yang terus mengalami perubahan.

"Awalnya usul Rp15.500, tapi karena dolar naik jadi jalan tengahnya ketemunya Rp15.700," jelas Zulkifli.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim, menambahkan bahwa Permendag terkait HET MinyaKita telah diharmonisasi dan akan segera diundangkan di Kementerian Hukum dan HAM.

"Mudah-mudahan dalam minggu depan ini, tinggal nunggu perundangan," kata Isy.

Sebelumnya, HET MinyaKita ditetapkan sebesar Rp14.000 per liter melalui Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2023 tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat. Kenaikan ini diharapkan tidak terlalu membebani masyarakat, mengingat MinyaKita tetap diposisikan sebagai minyak goreng dengan harga terjangkau dibandingkan minyak goreng kemasan premium.

Perlu diingat bahwa HET MinyaKita hanya berlaku untuk pembelian di tingkat retail. Pedagang diimbau untuk mematuhi aturan ini agar ketersediaan MinyaKita terjaga dan masyarakat dapat mengakses minyak goreng dengan harga yang wajar.*ant

Komentar