nusabali

Hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Batur Laplap

Jaya Negara Ajak Krama Implementasikan Tri Hita Karana

  • www.nusabali.com-hadiri-karya-ngenteg-linggih-pura-batur-laplap

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Padudusan Alit, Mamungkah, dan Caru Balik Sumpah Madya, di Pura Batur Laplap, Desa Adat Laplap, Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Saniscara Pon Sinta, Sabtu (20/7). Jaya Negara mengajak krama mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana.

Jaya Negara kemarin hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara. Selain itu hadir tokoh-tokoh masyarakat di Penatih Dangin Puri.

Jaya Negara mengatakan Karya Ngenteg Linggih di Pura Batur Laplap ini merupakan momentum bagi seluruh krama untuk selalu eling (ingat, red) dan meningkatkan srada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Sehingga, sudah sepatutnya seluruh elemen masyarakat menjadikan ini sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari Tri Hita Karana.

“Dengan karya ini mari kita tingkatkan srada bakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana,” ujar Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia Karya Ngenteg Linggih, I Wayan Agus Purnawirawan saat dijumpai di sela-sela Karya Ngenteg Linggih mengatakan seluruh rangkaian acara dipuput oleh Ida Pandita Mpu Jaya Ashita Santi Yoga. Rangkaian upacara ini telah dilangsungkan sejak Mei 2024 lalu. Prosesi atau rangkaian upacara kemudian akan dilanjutkan pada Redite Wage Landep, Minggu (21/7) hari ini meliputi kegiatan Nganyarin, Matatah Massal dan juga Pawintenan.

“Kami telah memulai seluruh rangkaian kegiatan karya ini sejak Mei 2024, dan hari ini (kemarin,red) adalah puncak karya yang bertepatan dengan Purnama Kasa, Saniscara Pon Wuku Sinta,” ujar Purnawirawan.@mis

Komentar