nusabali

Ribuan Umat Hindu Saksikan Panca Wali Krama di Semeru

  • www.nusabali.com-ribuan-umat-hindu-saksikan-panca-wali-krama-di-semeru

LUMAJANG, NusaBali - Ribuan umat Hindu di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sekitar, dan Bali, mengikuti puncak Karya Panca Wali Krama di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, pada Saniscara Pon Sinta (20/7), bertepatan Purnama Kasa.

Prosesi ini dihadiri PJ Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, bersama Sekda Bali Dewa Made Indra, serta beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Bali.

PJ Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya (2 dari kiri), berpose dengan tokoh Puri Agung Ubud Tjokorda Gde Raka Sukawati alias Cok De (kiri),  Manggala Karya Prof Dr Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace (3 dari kiri), dan Panglingsir Puri Agung Ubud Tjokorda Gde Putra Sukwati. –IST 

Upacara dimulai pukul 09.00 Wib dan berakhir pukul 13.00 Wib. PJ Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan rasa syukurnya bisa hadir pada puncak karya. PJ Gubernur Bali juga berkesempatan mundut Ida Betara Lingsir saat tedun (turun) dari Padma Naba menuju prosesi ke Peselang. 

Ribuan umat sedharma ini dengan khusyuk mengikuti seluruh rangkaian upacara dari utama mandala. Prosesi makin khidmat karena diiringi pementasan beberapa tarian wali baik dari Bali dan dari umat Hindu Tengger, Jawa Timur. Manggala Karya Prof Dr Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace juga mempersembahkan tarian topeng Sidakarya untuk melengakapi yadnya utrama itu. 

Cok Ace menyampaikan Ida Batara nyejer selama 15 hari. Setiap hari akan dilaksanakan bakti panganyar oleh Pemkab/Kota se Bali dan beberapa kabupaten di Jawa Timur secara bergantian. ‘’Untuk itu, para pamedek dari Bali yang akan muspa ke Pura Semeru bisa menyesuaikan jadwal dari kabupaten dan kota di Bali,’’ ujarnya.7lsa

Komentar