nusabali

BlueScope Youth Orchestra dan Voice of Bali Rayakan 75 Tahun Persahabatan Indonesia-Australia

  • www.nusabali.com-bluescope-youth-orchestra-dan-voice-of-bali-rayakan-75-tahun-persahabatan-indonesia-australia
  • www.nusabali.com-bluescope-youth-orchestra-dan-voice-of-bali-rayakan-75-tahun-persahabatan-indonesia-australia

GIANYAR, NusaBali.com – Menandai perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Australia, BlueScope Youth Orchestra berkolaborasi dengan paduan suara anak Voice of Bali Children di Hotel Ibah, Ubud, Bali pada Sabtu (20/72024).

Acara ini menampilkan 22 pemain musik dari BlueScope Youth Orchestra yang dipimpin oleh konduktor Tanya Phillips dan maestro Nigel Edwards. Sementara dari Voice of Bali Children menampilkan 10 personel di bawah arahan Gregorius Septo Mulyadi Tagur.

Kolaborasi yang berlangsung sekitar satu jam ini memukai undangan. Komposisi Bengawan Solo, Burung Kakatua hingga Indonesia Raya mengalun merdu.

Penyelenggara tur, Dr Rob Goodfellow dari Western Sydney University, mengatakan program tur ini sengaja diperluas dan difokuskan untuk membangkitkan kepercayaan masyarakat terhadap persahabatan dan niat baik.

"Persahabatan antara generasi muda Australia dan Indonesia yang dibangun melalui tur ini akan bertahan seumur hidup, dan jaringan yang diciptakan oleh generasi muda yang luar biasa ini akan semakin mendekatkan kedua negara," tambah Rob Goodfellow yang fasih berbahasa Indonesia ini.

Kolaborasi ini diprakarsai Jero Asri Kerthyasa, warga Australia yang menikah dengan Tjokorda Raka Kerthyasa dari keluarga Puri Ubud.

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk menjadi tuan rumah acara ini yang merayakan persahabatan yang dalam dan langgeng antara Australia dan Indonesia. Acara ini tidak hanya menghormati hubungan diplomatik kita tetapi juga merayakan pertukaran budaya yang berkembang antara kedua negara kita," kata Jero Asri Kerthyasa yang sebelumnya dikenal dengan nama Jane Gilliespie,

Acara bergengsi ini diadakan di resor butik Ibah yang indah, sebuah hotel warisan yang didirikan 28 tahun lalu di tanah leluhur di daerah Campuhan oleh Tjokorda Raka Kerthyasa dan Jero Asri Kerthyasa, dan sekarang dikelola oleh tiga anak mereka. Ibah menawarkan pengalaman Bali yang tenang dan otentik bagi para pelancong.

Selama sepuluh hari di bulan Juli 2024, BlueScope Youth Orchestra melakukan tur di beberapa tempat di Bali untuk merayakan 75 tahun kerja sama pemuda Australia dan pemuda Indonesia (1949 hingga 2024).

BlueScope Youth Orchestra sebelumnya melakukan sejumlah pertunjukan, termasuk program kolaborasi khusus di SLB Negeri 1 Jimbaran, ISI Denpasar, Fontana 101 di Seminyak, komunitas desa Antagana Resort di Tabanan. Pada Minggu (21/7/2024), kolaborasi bersama Voice of Bali Children juga dilangsungkan di Mason Elephant Adventure Park, Taro, Gianyar.

Dengan kolaborasi yang mempertemukan BlueScope Youth Orchestra dan Voice of Bali Children, perayaan ini bukan hanya menandai 75 tahun hubungan diplomatik yang kuat tetapi juga menyoroti pentingnya pertukaran budaya antara dua negara yang bersahabat ini.

Pada penampilan di Hotel Ibah, terdapat empat komposisi yang dikolaborasikan. “Kami senang berkolaborasi dengan BlueScope Youth Orchestra. Tahun lalu Voice of Bali juga sudah berkolaborasi dengan orkestra ini saat tampil di Pesta Kesenian Bali,” kata Gregorius Septo Mulyadi Tagur, konduktor Voice of Bali yang akrab disapa Eto ini.

Kehadiran BlueScope Youth Orchestra ini pun mendapat respons positif dari Ricky Irawan, dosen Prodi Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

“Kebetulan di Bali kita tidak begitu banyak penampilan orkestra. Harapannya ke depan bisa lebih banyak orkestra luar. Karena biosa menjadi input buat teman-teman di Bali yang belajar musik barat sehingga bisa berkaca dan belajar lebih banyak lagi,” kata dosen yang juga pengelola Jurnal Musik di ISI Denpasar ini.

Komentar