nusabali

Tidak Ada Siswa Tercecer, Komisi IV DPRD Gianyar Apresiasi Pj Bupati Terkait PPDB

  • www.nusabali.com-tidak-ada-siswa-tercecer-komisi-iv-dprd-gianyar-apresiasi-pj-bupati-terkait-ppdb

GIANYAR, NusaBali - Ketua Komisi IV DPRD Gianyar, Ni Made Ratnadi, mengatakan orang tua siswa menyampaikan keluhan kepada Ketua DPRD Gianyar adalah wajar. “Sebagai orang tua wajar panik saat anaknya tidak mendapatkan sekolah yang diinginkan, tapi sekarang semua sudah tertampung di sekolah negeri,” ucap Ratnadi, Sabtu (20/7).

Politisi PDIP ini mengapresiasi Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa yang telah menuntaskan permasalahan penerimaan peserta didik baru (PPDB) sehingga tidak ada lagi siswa yang tercecer. 

“Harapan saya ke depannya agar ortu siswa jangan memaksakan untuk diterima di sekolah yang diinginkan, ada proses seleksi. Kami memastikan tidak ada anak yang tidak dapat sekolah,” tegas Ratnadi. Ketua Fraksi Indonesia Raya, Ngakan Ketut Putra juga menyampaikan pendapatnya terkait PPDB. 

Berdasarkan data yang diterimanya, semua anak didik sudah mendapatkan sekolah. “Prinsipnya, PPDB sudah sesuai prosedur dan mekanisme yang benar sehingga sangat kondusif, kalaupun masih ada tercecer kami tampung di SMP negeri terdekat atau di SMP negeri yang rombelnya masih bisa menampung anak didik,” ungkap Ngakan Putra. 

Ngakan Putra menegaskan, pada prinsipnya anak harus dapat sekolah karena merupakan tanggung jawab negara. Ke depan wajib dievaluasi kembali lewat Dinas Pendidikan tentang kapasitas daya tampung dengan jumlah lulusan SD dengan tetap mengutamakan kualitas pendidikan. 

Sekda Gianyar Dewa Gede Alit Mudiarta memastikan tidak ada siswa tercecer. Para siswa sudah mengikuti MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) sejak Senin (15/7). “Tidak ada siswa yang tidak dapat sekolah, semua sudah tertampung, bahkan sudah mengikuti MPLS,” terang Dewa Alit, Sabtu (20/7).

Dari data Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, siswa SD yang tamat di Tahun Ajaran 2003/2024 sebanyak 7.672 orang. Sudah diterima di SMP negeri sebanyak 7.508 orang. 

Diterima di SMP swasta sebanyak 124 orang. Pindah rayon keluar Kabupaten Gianyar sebanyak 42 orang. Dua siswa pindah rayon dari luar ke Kabupaten Gianyar. Semua siswa terfasilitasi ke SMP sebanyak 7.674 orang. @ nvi

Komentar