nusabali

Ngakan Putra Kehilangan Sosok Rai Arimbawa

  • www.nusabali.com-ngakan-putra-kehilangan-sosok-rai-arimbawa

GIANYAR, NusaBali - Ketua Perindo Gianyar, Ngakan Ketut Putra mengatakan dirinya sangat terpukul atas meninggalnya Ketua NasDem Gianyar I Made Rai Arimbawa.

Sebab mereka berdua merupakan teman yang sangat dekat, bukan hanya dalam dunia perpolitikan tetapi juga secara pribadi.

Diketahui, Ngakan Putra dan Rai Arimbawa pernah duduk bersama sebagai anggota DPRD Gianyar periode 2014-2019. Saat itu Ngakan Putra lolos di Dapil Gianyar menggunakan kendaraan partai PKPI dan Rai Arimbawa di dapil Sukawati sebagai kader NasDem. Saat Pileg 2019-2024, Ngakan Putra kembali lolos menggunakan kendaraan PKPI, sementara langkah Rai Arimbawa harus terhenti karena tidak lolos. Dan, akhirnya pada Pileg Gianyar 2024 ini, Ngakan Putra yang sudah berganti partai yaitu Perindo kembali lolos, dan kabar baiknya Rai Arimbawa juga lolos.

Saat mengetahui teman baiknya kembali lolos, Ngakan Putra sangat bersemangat. Dan, ia menjadi politikus di luar NasDem yang memberikan ucapan selamat via telepon pada Rai Arimbawa. Bahkan beberapa hari usai pencoblosan, Rai Arimbawa sempat beberapa kali terlihat berkunjung ke Sekretariat DPRD Gianyar. Saat itu, ia selalu menyempatkan diri untuk bercengkrama dengan Ngakan Putra di ruang Fraksi Indonesia Raya atau gabungan Gerindra dan PKPI. Di Fraksi ini Ngakan Ketut Putra menjabat sebagai ketuanya.

"Kabar meninggalnya Rai sangat mengejutkan saya. Beliau teman yang sangat baik. Saya berteman dengan Rai tidak hanya karena soal politik, tapi kami berteman secara pribadi. Makanya saat saya tahu dia lolos kembali di Pileg 2024, saya langsung memberikan upacara selamat," ujar Ngakan Putra, Minggu (21/7). 

Ngakan Putra mengatakan, sebelum Rai meninggal, mereka berdua telah memiliki janji untuk melakukan pertemuan pada hari Minggu kemarin. "Hari ini (kemarin) rencana mau bertemu di rumah saya. Tidak ada pembahasan khusus, hanya berbincang-bincang sebagai teman. Rai itu orang yang sangat asyik diajak ngobrol, orangnya baik dan berwawasan," ujarnya. Ngakan Putra pun berharap keluarga yang ditinggal bisa tabah. Dan mendiang mendapatkan tempat terbaik. "Hanya doa terbaik untuk mendiang," ujarnya.

Seperti diberitakan Caleg NasDem terpilih DPRD Gianyar Dapil Sukawati Made Rai Arimbawa, 57, meninggal pada Sabtu (20/7) pagi. Harusnya, caleg asal Banjar Sumampan, Desa Kemenuh ini dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Gianyar periode 2024-2029 pertengahan Agustus ini. Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Gianyar ini meninggal dunia diduga kena serangan jantung pada Jumat (19/7) malam. Saat itu, Rai Arimbawa usai melakukan persembahyangan di Pura Panti. 

“Kemarin malam masih biasa, segar bugar. Sempat sembahyang. Saat ngobrol tiba-tiba mengeluh sakit pada bagian dada,” ungkap I Made Suriana, salah seorang anggota keluarga dekat almarhum saat ditemui di rumah duka, Sabtu (20/7) sore. 

Saat itu juga, Rai Arimbawa langsung dilarikan ke RS Ari Canti di Desa Mas, Kecamatan Ubud. Namun sayang, nyawanya tak terselamatkan. Almarhum menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (20/7) sekitar pukul 06.07 Wita. 

Made Rai Arimbawa sebelumnya sudah sempat terpilih menjadi anggota DPRD Gianyar melalui kendaraan politik Partai Hanura periode 2014–2019. Saat itu dia duduk di Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra.

Di Pileg 2019 dia kembali maju lagi sebagai Caleg Hanura, namun gagal melenggang. Dan pada Pileg 2024 ini, Made Rai Arimbawa berhasil come back ke DPRD Gianyar melalui Partai NasDem. 7 nvi

Komentar