nusabali

YCUI Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Cegah HIV/AIDS

  • www.nusabali.com-ycui-ajak-masyarakat-tingkatkan-kesadaran-cegah-hivaids

SINGARAJA, NusaBali - Yayasan Citra Usadha Indonesia (YCUI), sebuah organisasi non-pemerintah yang bergerak di bidang advokasi kesehatan, mengajak masyarakat di Buleleng untuk meningkatkan kesadaran dalam pencegahan dan penanggulangan Human Immunodeficiency Virus (HIV/AIDS).

Koordinator Wilayah Buleleng YCUI, I Made Ricko Wibawa, menyoroti pentingnya peran aktif masyarakat dalam upaya pencegahan HIV di Buleleng. Sejak berdiri di tahun 1992, YCUI telah bekerja sama dengan sektor kesehatan untuk menyebarkan informasi tentang HIV/AIDS, termasuk kepada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

“Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan mencegah diskriminasi terhadap ODHA,” kata Ricko, Minggu (21/7) siang.

Berdasarkan data YCUI, kasus HIV di Buleleng menunjukkan tren stagnan, terutama di kalangan usia produktif 17 hingga 35 tahun. Gejala seperti demam, batuk, dan penurunan berat badan merupakan tanda-tanda yang perlu diwaspadai, namun diagnosis hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan darah.

“HIV dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan. Penderita HIV/AIDS umumnya masih bisa menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa,” jelas pria yang dikenal sebagai pendamping sosial dalam penanganan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak ini.

Ia menambahkan, pihaknya aktif mengedukasi para pelajar di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya HIV dan mendorong gaya hidup sehat serta menjauhi perilaku berisiko seperti seks bebas dan penggunaan narkoba, yang dapat meningkatkan risiko penularan virus.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan edukasi ini, dampak negatif yang dialami penderita HIV/AIDS dapat berkurang dan pencegahan dini di kalangan masyarakat dapat terdorong,” tandasnya.7 mzk

Komentar