nusabali

Padi Diserang Hama, Petani 2 Desa Dapat Bantuan Beras

  • www.nusabali.com-padi-diserang-hama-petani-2-desa-dapat-bantuan-beras

TABANAN, NusaBali - Petani dua desa di Tabanan digelontor bantuan beras. Bantuan yang bersumber dari APBD Tabanan diberikan karena petani mengalami gagal panen akibat tanaman padinya diserang hama.

Dua desa tersebut adalah Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, dengan jumlah petani yang dibantu 1.023 orang. Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg, sejumlah 55 petani yang dibantu beras.

Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tabanan Gusti Agung Gede Krisna Kamasan menegaskan bantuan yang diberikan kepada petani ini karena mengalami gagal panen. 

Oleh pemerintah digelontorlah bantuan beras untuk mendukung kebutuhan hidup para petani. "Bantuan sudah diberikan sejak Juni 2024 kepada petani. Total ada 5,1 ton beras yang diberikan kepada petani," ujarnya, Minggu (21/7).

Disebutkan tak hanya beras, bantuan cadangan pemerintah ini juga bisa berupa jagung dan kedelai. Namun pemerintah memprioritaskan memberikan beras sebagai kebutuhan pokok.

"Sebelumnya, bantuan serupa juga telah disalurkan pada tahun 2017 untuk para nelayan yang terdampak gelombang tinggi dan pada tahun 2019 saat pandemi Covid-19 melanda," terangnya.

Krisna Kamasan menegaskan penerima bantuan ditentukan berdasarkan pengajuan dari pekaseh, perbekel, dan camat setempat. Bantuan ini diberikan berdasarkan jumlah jiwa per kepala keluarga. "Sampai saat ini, ketersediaan stok bantuan setelah penyaluran masih sekitar 29 ton. Kami berharap tidak ada lagi warga yang terdampak bencana," tegasnya.

Dengan penyaluran bantuan ini, Pemerintah Kabupaten Tabanan berharap dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana dan memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan.7des

Komentar