nusabali

Indra Akui Banyak Salah Passing, Penyebab Indonesia Kesulitan Kalahkan Kamboja

  • www.nusabali.com-indra-akui-banyak-salah-passing-penyebab-indonesia-kesulitan-kalahkan-kamboja

SURABAYA, NusaBali - Timnas U-19 Indonesia susah payah mengalahkan Kamboja di Piala AFF U-19 2024. Hal itu karena pemain Garuda Muda masih banyak salah passing sehingga menyebabkan mereka kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Ya, Indonesia akhirnya melibas Kamboja 2-0 dalam laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7). Indonesia baru pada menit ke-71 mampu mencetak gol lewat pemain Bali United Kadek Arel Priyatna lewat sundulan meneruskan tendangan sudut.

Gol kedua Indonesia hadir pada menit ke-86. Iqbal Gwijangge memanfaatkan kemelut di muka gawang Kamboja sukses menjadi gol kedua Garuda Muda.

Kemenangan ini membuat Indonesia meraih enam poin dan kini memuncaki klasemen sementara Grup A. Indonesia unggul tiga poin dari Timor Leste dan Filipina yang sama-sama mengoleksi tiga poin.

Dengan terbukanya peluang Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara grup, Indra Sjafri mengatakan akan melakukan rotasi pada laga terakhir melawan Timor Leste.

Dalam laga lawan Kamboja itu, permainan Indonesia tidak berjalan sesuai rencana, utamanya di babak pertama. Serangan sayap yang jadi andalan Indonesia dapat dipatahkan bek Kamboja. Sedangkan serangan dari sisi tengah menemui jalan buntu.

Soal permainan anak asuhnya, Indra Sjafri mengakui kalau pemainnya memang sering salah passing dan sisi andalan serangannya sudah dimatikan lawan. Dia bersyukur Indonesia bisa menang.

“Di babak pertama kami banyak salah passing dan kami mempergunakan lebar lapangan, yang biasanya kami overload di pinggir tapi mereka bisa tutup itu dan akhirnya di babak kedua kami ubah coba untuk bisa directly di dalam penalty area, dan ada dua gol terjadi di babak ke-2 dan ini perlu disyukuri," kata Indra Sjafri di situs PSSI.

Meski demikian, Indra Sjafri mengatakan kunci kemenangan melawan Kamboja adalah kesabaran dan sirkulasi bola cepat. Indra mengatakan pada babak pertama timnya kesulitan membongkar pertahanan Kamboja yang menggunakan formasi lima bek.

Pada babak kedua, Indra lalu memasukkan beberapa pemain, salah satunya Muhammad Kafiatur yang turut membantu tim asuhannya bermain dengan sabar dan melancarkan sirkulasi bola dengan cepat.

Puncaknya, Indonesia mampu mencetak dua gol melalui Kadek Arel pada menit ke-71 dan Iqbal Gwijannge pada menit ke-86 yang memanfaatkan umpan sepak pojok Kafiatur.

Salah satu pencetak gol Kadek Arel mengatakan sangat senang dapat kembali mencetak gol di Piala AFF U-19 2024 untuk kedua kalinya.

"Soal gol tadi itu berkat kerja keras semua pemain dimana saya dapat umpan corner dari Kafiatur dan saya tepat posisinya," kata Kadek. ant

Komentar