nusabali

Kondisi Lemas, Penyu Lekang Terdampar di Pantai Yeh Kuning

  • www.nusabali.com-kondisi-lemas-penyu-lekang-terdampar-di-pantai-yeh-kuning

NEGARA, NusaBali - Seekor penyu lekang ditemukan terdampar di Pantai Yeh Kuning, Desa Yeh Kuning, Kecamatan/Kabupaten Jembrana dalam kondisi lemas pada Minggu (21/7) malam. Penyu lekang dewasa itu pun langsung dibawa ke Kelompok Pelestari Penyu (KPP) Kurma Asih di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana.

Koordinator KPP Kurma Asih I Wayan Anom Astika Jaya, mengatakan penyu tersebut pertama kali ditemukan oleh warga sekitar pukul 22.00 Wita. Warga dan relawan KPP Kurma Asih sempat berusaha mengembalikannya ke laut. Namun karena kondisinya yang lemah, penyu tersebut kembali ke pinggir pantai. 

“Sempat berusaha dilepas kembali ke laut namun kembali terdampar. Karena kondisi terlalu lemas, kemarin malam langsung dibawa ke kolam (KPP Kurma Asih), dan kami koordinasikan untuk dilakukan pengecekan tim dokter hewan dari JSI (Jaringan Satwa Indonesia),” ucap Anom, saat dikonfirmasi, Senin (22/7). 

Tim dokter hewan dari JSI pun telah turun ke KKP Kurma Asih untuk memeriksa kondisi penyu tersebut pada Senin kemarin. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa penyu tersebut membutuhkan penanganan medis lebih lanjut dan tidak dapat langsung dikembalikan ke laut. 

Oleh karena itu, dari tim dokter hewan JSI memutuskan untuk membawa penyu tersebut ke Penangkaran Banyuwedang, Buleleng, untuk mendapatkan perawatan intensif. “Tadi (kemarin) sudah langsung dibawa. Kita serahkan penanganannya ke JSI,” kata Anom. 

Anom menjelaskan, penyu lekang yang ditemukan dalam kondisi lemas itu berjenis kelamin betina dengan usia sekitar 30 tahun. Ada dugaan bahwa penyu itu terdampar karena mengalami kelelahan atau sakit. Dari pengamatan secara kasat mata ada bekas luka di tubuh penyu itu. “Di tubuhnya juga ada bekas luka. Tapi lukanya itu sepertinya sudah sangat lama,” tutur Anom. 7 ode

Komentar