nusabali

Truk Koral Nyemplung ke Jurang

  • www.nusabali.com-truk-koral-nyemplung-ke-jurang

Akibatnya ikut nyemplung ke jurang di Sungai Sangsang, sedalam 10 meter. Di tempat kejadian perkara (TKP) karena selama ini sebagai tempat nganyut di akhir prosesi ngaben.

AMLAPURA, NusaBali
Sebuah mobil truk putih nopol DK 8325 VD dikemudikan Agus Darmawan, 20, asal Banjar/Desa Bukit, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, nyemplung ke jurang Sungai Sangsang, Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem, Minggu (21/7) pukul 16.00 Wita. Truk memuat koral ini nyemplung setelah menyeruduk sepeda motor Honda Vario DK 5472 TP. 

Evakuasi truk menggunakan mobil derek tuntas Minggu (21/7) pukul 20.40 Wita saat hujan gerimis. Kronologis nyemplungnya truk, menurut keterangan saksi-saksi, berawal dari truk itu melaju dari arah timur Amlapura bergerak ke barat. Truk mengangkut material ke Desa Suter, Kecamatan Kintamani, Bangli. Setiba di pertigaan Banjar Pesangkan, tepatnya di depan patung Gajah Mada, datang pengendara Honda Vario DK 5472 TP dikemudikan Ni Kadek Renis, 53, membonceng rekannya Ni Wayan Sulatri, 57, dari arah berlawanan, hendak pulang ke kampungnya, Banjar Pateh, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem.

Pengendara Honda Vario setiba di pertigaan Banjar Pesangkan hendak berbelok ke kanan, persis di tepi jembatan Sungai Sangsang bagian timur. Hanya saja, pengendara truk Agus Darmawan, tidak memberikan prioritas pengendara Honda Vario. Akibatnya Honda Vario diseruduk truk hingga menyebabkan  nyemplung ke jurang Sungai Sangsang bagian selatan jembatan. Sedangkan pengemudi dan penumpang Honda terkapar di jalan aspal.

Penyebab terjadi tabrakan karena sang sopir Agus Darmawan sulit mengendalikan truknya. Akibatnya ikut nyemplung ke jurang di Sungai Sangsang, sedalam 10 meter. Di tempat kejadian perkara (TKP) karena selama ini sebagai tempat nganyut di akhir prosesi ngaben.

Ekses dari kecelakaan itu, sopir truk Agus Darmawan hanya luka memar bagian wajahnya, menjalani perawatan di Puskesmas Selat, sedangkan kondisi truk bagian depan ringsek, dan bagian saluran bahan bakar solar bocor.

Pengemudi Honda Vario sendiri, Ni Kadek Renis, hanya lecet-lecet di wajah dan lutut kanan, sempat menjalani perawatan di Puskesmas Selat selanjutnya dirujuk ke RS BaliMed Amlapura, Rekannya sebagai penumpang Honda Vario, Ni Wayan Sulatri, mengalami luka bengkak di tangan kiri juga dirujuk ke RS BaliMed, kerugian akibat kecelakaan itu Rp 20 juta.

Saksi-saksi menguatkan kasus itu, Wiwin, 50, dari Banjar/Desa Bukit, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, dan I Wayan Mudayana, 47, dari Banjar Menasa, Desa Sinabun, Kecamatan Sawan, Buleleng.

Malam kemarin langsung truk putih dievakuasi gunakan mobil derek memerlukan waktu sekitar 2 jam. Pemilik truk I Made Artawan dari Desa Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng mengatakan, selama ini telah biasa angkut material melintas di jalur itu. "Sudah biasa angkut material di jalur itu, ambil material di Desa/Kecamatan Kubu, untuk dibawa ke Desa Suter," katanya.

Turut mengamankan situasi selama evakuasi truk, Kapolsek Selat AKP Dewa Gede Ariana didampingi anggota Bhabinkamtibmas Desa Duda Timur, Bripka I Wayan Suardana, selama proses evakuasi, arus kendaraan dari dua arah dihentikan.7k16

Komentar