nusabali

Dinas PUPR akan Usulkan Perbaikan Bendungan Yeh Badung

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-akan-usulkan-perbaikan-bendungan-yeh-badung

BANGLI, NusaBali - Tiga tahunan bangunan Bendungan Yeh Badung di Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, hancur karena bencana alam. Kerusakan yang terjadi menyebabkan belasan hektare lahan persawahan kini menganggur karena tidak mendapat pasokan air. Dinas PUPR Perkim Bangli akan mengusulkan untuk perbaikan bendung tersebut.

Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Perkim Bangl Dede Agusta Sastra Yana mengatakan rusaknya Bendung Yeh Badung menyebabkan lahan persawahan seluas hampir 15 hektare tidak teraliri air. Tidak dipungkiri rusaknya bangunan irigasi tersebut sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu.

"Karena tidak ada air petani tidak bisa lakukan pola tanam padi. Petani ada beralih tanam palawija ada juga yang membiarkan lahanya tidak terurus," ungkapnya, Minggu (21/7).

Menurut Dede Agusta untuk mengetahui secara pasti kondisi banguan bendung pihaknya bersama tim sudah sempat turun ke lokasi. Kondisi bangunan bendung sudah hancur sehingga harus dibangun banguan bendung yang baru. “Dari hasil penghitungan diperlukan anggaran besar untuk membangun bendungan yang baru. Diperlukan amggaran kisaran Rp Rp 2 miliar - Rp 2,5 miliar," sebutnya.

Terkait penanganan bendungan memang sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Oleh karena itu pihaknya akan mengusulkan perbaikan melalui dana Bantuan Khusus Keuangan (BKK) tahun 2025.

Selain Bendungan Yeh Badung ada beberapa bangunan irigasi di daerah juga kondisinya rusak. "Kami sudah menginventarisir kerusakan sehingga ke depanya bisa diusulkan untuk perbaikan," sambungnya. 7esa

Komentar