nusabali

Saatnya Raven dan Jardim Starter

Indonesia Harus Kalahkan Timor Leste, Malam Ini

  • www.nusabali.com-saatnya-raven-dan-jardim-starter

Masuknya tiga pemain tersebut diharapkan dapat membuat Indonesia tampil menggebrak sejak awal. Hal ini demi mengejar target membobol gawang Timor Leste secepat mungkin.

SURABAYA, NusaBali
Timnas U-19 Indonesia wajib mengalahkan Timor Leste U-19 dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (22/7) malam ini, pukul 20.30 WITA. Dalam laga tersebut, Indonesia diminta menurunkan Jens Raven dan Welber Jardim sebagai starter atau sejak awal.

Ya, Indonesia kini di puncak klasemen Grup A dengan enam poin. Sedangkan Timor Leste di posisi kedua dengan tiga poin. Indonesia akan lolos ke semifinal dengan tambahan minimal satu poin. Ppeluang Indonesia untuk mendapat satu poin, bahkan menang, terbuka lebar. Bahkan, pasukan Indra Sjafri sangat mungkin menang seperti lawan Filipina dan Kamboja. Indonesia punya modal bagus karena belum kebobolan sama sekali.

Sedangkan Timor Leste belum dalam performa yang konsisten. Usai menang 3-2 atas Kamboja pada matchday pertama, Timor Leste kalah 0-2 dari Filipina pada laga kedua. Mereka harus menang jika ingin lolos ke semifinal.

Sedangkan jelang laga tersebut, permintaan dilontarkan pengamat dan komentator sepakbola, Ronny Pangemanan, kepada pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Ropan, sapaan akrab Ronny Pangemanan, meminta agar dalam laga nanti Indra memasang Welber Jardim dan Jens Raven sejak awal alias sebagai starter.

"Kelihatan Welber Jardim ini harus main dari awal, termasuk dengan Jens Raven juga harus bisa," kata Ropan, dalam kanal youtube Bung Ropan.

"Raven harus bisa dimainkan lebih awal. Selain itu, Kafiatur (M. Kafiatur Rizky) juga bermain bagus. Jadi, dengan melihat tiga pemain ini, saya pikir harus dicoba melawan Timor Leste, jangan lagi nanti mereka akan masuk di babak kedua," tutur Ropan.

Ropan mengatakan, masuknya tiga pemain tersebut diharapkan dapat membuat Indonesia tampil menggebrak sejak awal. Hal ini demi mengejar target membobol gawang Timor Leste secepat mungkin.

"Jangan lagi mereka masuk di babak kedua dengan harapan dapat mengubah permainan. Harus dari pertama. Kita harus bisa mencetak gol karena ke depannya lawan-lawan (yang akan dihadapi) sangat baik," ujar Ropan

Menurut Ropan, saran ini berkaca dari buruknya penampilan Indonesia pada laga sebelumnya, kontra Kamboja. Waktu itu, dalam penilaian mantan wartawan olahraga ini, lini tengah dan depan Indonesia kurang kreatif dan tak tajam dalam membongkar pertahanan lawan.

Salah satu sorotan pada laga tersebut penampilan penyerang, Arkhan Kaka. Menurut Ropa, dengan penampilannya seperti itu, Kaka layak dicadangkan. Sudah cukup dua laga memberikan kesempatan kepada Arkhan Kaka, yang tidak bisa berbuat banyak.

Sedangkan menurut pengamatan Khoirul Huda, semua elemen Timnas U-19 Indonesia harus mengambil hikmah dari laga kontra Kamboja. Meski menang 2-0, namun Garuda Muda baru menjebol gawang Kamboja di sepertiga akhir pertandingan.

Menurut Khoirul Huda, pelatih Indra Sjafri telah membuat perubahan skema permainan. Dony Tri Pamungkas dkk. juga sudah menjalankan semua skenario sebaik mungkin. Namun, cara main mereka telah diantisipasi dan dibaca dengan cermat para pemain Kamboja. 

“Terutama alur serangan yang mengandalkan bola-bola silang dari sayap. Timnas U-19 juga beberapa kali coba menembus pertahanan musuh dari tengah. Namun, mereka belum maksimal melakukannya.

Pola ini harus dimatangkan dengan variasi lebih bagus. Terutama improvisasi dukungan para gelandang membongkar pertahanan Timor Leste U-19 nanti," kata Khirul Huda.

Khoirul Huda memprediksi Timor Leste tak akan menerapkan pertahanan gerendel seperti Kamboja saat menghadapi Indonesia. Hal itu karena mereka butuh kemenangan untuk ke semifinal, dan mereka akan main terbuka.  Jika melihat cara main Timor Leste yang mengandalkan kecepatan untuk menyerang balik, faktor transisi harus diperhatikan Indra Sjafri.

"Dari dua partai lawan Filipina dan Kamboja transisi bertahan Indonesia masih mengkhawatirkan. Ini harus jadi fokus, karena Timor Leste punya pemain cepat," ucap Khoirul Huda. *

Prediksi Susunan Pemain.
Indonesia (3-4-2-1): Ikram Algiffari; Kadek Arel, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky; Mufli Hidayat, Welber Jardim, Toni Firmansyah, Dony Tri Pamungkas; Arlyansyah Abdulmanan, Kafiatur Rizky; Arkhan Kaka. Pelatih: Indra Sjafri.
Timor Leste (4-2-3-1): Egidio Luro; Rui Juman, Aureo Viera, Palomito Antonio, Ricardo Rorinho; Edencio Soares, Luis Berdila; Luis Figo, Vabio Canavaro, Emidio Martins; Alexandro Bahkito. Pelatih: Eduardo Pereira.

Komentar