nusabali

Incar Satu Emas PON, Biliar Intensifkan Latihan

  • www.nusabali.com-incar-satu-emas-pon-biliar-intensifkan-latihan

DENPASAR, NusaBali - Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Bali terus mengintensifkan latihan para atlet biliar yang lolos PON XXI/2024. Latihan rutin dilakukan enam hari, menyangkit teknik maupun fisik. Tujuannya agar target satu medali emas nanti dapat terwujud.

Pelatih Kepala dan Manager Tim POBSI Bali, Weli Sudarma menjelaskan sejak TC sentralisasi pada 10 Juli, Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Bali menggunakan dua lokasi untuk pemusatan latihan. Lokasi pertama di RBC Renon, Denpasar dan di Kabupaten Tabanan. 

"Total ada lima atlet yang lolos PON dan menjalani pemusatan latihan. Namun mereka latihan terpisah, karena terkendala fasilitas," kata Weli Sudarma, Senin (22/7).

Menurut Sudarma, kelima atlet itu akan turun dalam dua divisi, yakni snooker dan pool. Untuk latihan snooker dipusatkan di salah satu tempat biliar di Tabanan karena memiliki meja khusus itu.  Sedangkan divisi pool dilaksanakan di Denpasar. 

"Tiga atlet turun di divisi pool. Sementara, dua lainnya di divisi snooker. Terkait jenis kelamin atlet yaitu dua perempuan dan tiga laki-laki," kata Sudarma, yang juga Sekretaris Umum Pengprov POBSI ini.

Disinggung terkait proses latihan, Sudarma mengaku dilakukan secara intensif selama enam hari dalam sepekan. Lima hari fokus teknik, dan satu hari fokus fisik tiap atlet itu. Hal ini untuk memaksimalkan potensi atlet menjelang PON 2024. 

"Kalau latihan dari Senin - Jumat. Ini khusus teknik. Sedangkan Sabtu itu untuk fisik yakni dengan joging dan jalan santai di seputaran hotel. Nah untuk hari Minggu off," urai Sudarma.

Apalagi, kata Surdama, Pengprov POBSI Bali menargetkan satu medali emas dan target itu dapat diraih dari double snooker putra. Namun, dia juga tidak memungkiri adanya potensi raihan medali emas dari divisi pool. Mengingat ada satu atlet dalam PON Papua lalu meraih medali perak. 

"Target satu medali emas. Tapi, peluang dapat tambahan medali masih terbuka lebar, maka kita intensifkan latihan untuk mencapai target itu," pungkas Weli Sudarma.dar

Komentar