nusabali

Pemkot Denpasar Sediakan 896 Pos PIN Polio

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-sediakan-896-pos-pin-polio

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar menyediakan sebanyak 896 pos untuk pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2024 yang kegiatannya dimulai secara serentak pada Selasa (23/7), bertepatan dengan Hari Anak Nasional.

“Pelaksanaan imunisasi polio ini merupakan program pemerintah yang tidak dipungut biaya atau gratis,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Anak Agung Ayu Agung Candrawati di Denpasar, Selasa kemarin.

Menurut dia, imunisasi polio dilakukan untuk melindungi perkembangan anak-anak sejak dini dari penyakit polio. Sasaran imunisasi polio yaitu semua anak usia 0-7 tahun 11 bulan.

“Dengan diberikan imunisasi ini, dapat memberikan perlindungan tambahan pada sistem kekebalan tubuh dari penyakit polio dan dapat mengurangi risiko penularan,” kata Candrawati.

Selain itu, lanjut Candrawati, imunisasi untuk menurunkan tingkat penularan dari satu anak ke anak lainnya, serta mengurangi dampak berat atau komplikasi saat terserang virus polio.

“Kepada balita yang belum vaksin tahap pertama selama satu minggu ini akan dilakukan pendataan langsung selama lima hari ke depan dengan sistem jemput bola. Hal ini agar semua balita dan anak-anak usia 0-7 tahun bisa mendapatkan vaksinasi secara keseluruhan,” ujar Candrawati.

Dia menambahkan, dari 896 pos untuk pelaksanaan PIN polio di Kota Denpasar, pada 23 Juli 2024 ini yang sudah dibuka sebanyak 141 pos dengan target sasaran sebanyak 8.286 anak-anak. Pelaksanaannya bertempat di balai banjar (dusun) dan sekolah-sekolah.

Candrawati mengatakan untuk jumlah sasaran PIN polio di Kota Denpasar berdasarkan target Pusdatin sebanyak 81.153 anak, sedangkan berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebanyak 64.685 anak. “Itu data perkiraan, sedangkan untuk data riilnya belum kami dapatkan datanya,” ucapnya.

Bagi anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi polio pada Selasa kemarin, selanjutnya bisa mendapatkannya di puskesmas, posyandu, maupun di sekolah-sekolah.

Sementara itu, Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Ketua GOW Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa juga meninjau pencanangan PIN Polio 2024 di Banjar Karang Suwung, Pedungan, Denpasar Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa memberikan tetesan imunisasi pertama kepada anak-anak, dan memberikan semangat sembari berbincang serta melakukan pengecekan Buku Kesehatan Ibu dan Anak.

“Kami berharap para orangtua yang memiliki anak berusia nol sampai tujuh tahun dapat membawa buah hatinya ke posyandu, dan mendapatkan vaksin polio, sehingga Kota Denpasar bebas penyakit polio,” ujarnya.

Pihaknya berharap seluruh orangtua memiliki kesadaran untuk memberikan vaksin polio kepada putra-putrinya, sehingga pencegahan dapat dilakukan sejak dini, walaupun saat ini tidak ada kasus penderita polio di Denpasar. 7 ant

Komentar