nusabali

LPM Se-Kecamatan Kuta Bentuk Forum

  • www.nusabali.com-lpm-se-kecamatan-kuta-bentuk-forum

MANGUPURA, NusaBali - Kecamatan Kuta akan segera memiliki forum baru untuk memperkuat koordinasi dan pemberdayaan di tingkat kelurahan.

Forum baru itu adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kecamatan Kuta, yang gencar dibahas seperti pada saat pertemuan di Kantor Camat Kuta pada Selasa (23/7) siang.

Ketua LPM Kelurahan Kuta I Putu Adnyana, mengatakan saat ini belum ada forum yang memadai untuk menghubungkan semua LPM di Kecamatan Kuta. Untuk mengatasi masalah komunikasi yang terputus dan demi mempermudah koordinasi antara LPM di masing-masing kelurahan, Adnyana beserta LPM lainnya berinisiatif untuk membentuk LPM se-Kecamatan Kuta.

Forum baru ini, lanju Anyana, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi komunikasi dan memberikan arah yang jelas dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Adnyana menjelaskan bahwa forum ini akan segera dibentuk dengan pembuatan Surat Keputusan (SK) oleh pemerintah Kecamatan Kuta.

Sebagai bagian dari persiapan forum ini, Adnyana dan tim telah telah melakukan orientasi lapangan ke sejumlah LPM yang ada di Jakarta. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari praktik-praktik terbaik yang dapat diterapkan di Kecamatan Kuta.

“Kami orientasi lapangan ke Jakarta yang difasilitai oleh kecamatan. Di sana kami mengunjungi lembaga pemberdayaan masyarakat di Jakarta sebagai studi tidur agar apa yang ada di sana bisa kami diterapkan di sini,” kata Adnyana, Rabu (24/7).

Adnyana lebih lanjut menjelaskan, forum ini juga akan memiliki beberapa fokus prioritas, termasuk promosi wisata dan sharing informasi mengenai lowongan kerja. Dengan adanya forum baru ini, diharapkan setiap LPM dapat saling berbagi pengalaman dan memberikan masukan konstruktif. Tujuan akhir dari forum ini adalah untuk memajukan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan dan kecamatan serta menciptakan sinergi yang lebih baik antara semua pihak terkait.

“Melalui forum ini kita bisa berbagi dan saling memberikan masukan. Bilamana di LPM lain ada program positif yang mungkin diterapkan, maka akan kita adopsi. Tujuannya tiada lain adalah untuk memajukan pemberdayaan pada masing-masing kelurahan, khususnya di tingkat kecamatan,” kata Adnyana.

Sekretaris Camat Kuta Made Agus Suantara, memberikan apresiasi atas pembentukan Forum LPM se-Kecamatan Kuta. Suantara menegaskan pentingnya forum ini untuk meningkatkan koordinasi dan efektivitas kegiatan di tingkat kelurahan.

“Kita dari kecamatan sangat mengapresiasi terhadap pembentukan forum ini, karena sangat diperlukan di kecamatan. Kita harapkan nanti membuat suatu kegiatan bersama,” harap Suantara.

Disunggung soal rencana untuk menerbitkan SK terkait pembentukan forum ini, Suantara menegaskan sedang dalam tahap finalisasi. “Rencana terbit SK segera, kemarin (Selasa) kita rapat itu minta semua pengurus LPM agar mengirim nama-nama pengurus di dalamnya, siapa ketua, wakil, sekretaris, bendaharanya. Setelah namanya semua ada, baru kita buatkan SK kecamatan,” katanya. 7 ol3

Komentar