nusabali

Pemkot Siapkan Shuttle Bus Listrik di Sanur

  • www.nusabali.com-pemkot-siapkan-shuttle-bus-listrik-di-sanur

Penggunaan shuttle bus listrik ini untuk mengatasi kemacetan di Jalan Danau Tamblingan, Sanur dan sekitarnya. Untuk tahap pertama disiapkan lima unit shuttle bus listrik.

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Kota Denpasar berencana menyiapkan shuttle bus listrik, sebagai salah satu upaya untuk memecah atau mengurai kemacetan di kawasan Jalan Danau Tamblingan, Sanur dan sekitarnya. 

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Rabu (24/7). Penerapan shuttle bus listrik ini nantinya akan seperti di Pura Agung Besakih. Kecamatan Rendang, Karangasem. Pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa kantong parkir kendaraan khususnya roda empat.

“Sementara lima unit dulu, sambil dikaji oleh Dinas Perhubungan, nanti akan dioperasionalkan oleh perumda kita, Perumda Parkir,” kata Wawali Arya Wibawa.

“Ini (shuttle bus) nanti yang akan hilir mudik di Sanur dan sedang dikaji oleh Dinas Perhubungan. Astungkara itu bisa berjalan, nanti tahun 2025 akan ditambah lagi. Jika bisa berjalan, baru nanti akan diterapkan larangan parkir di badan jalan. Itu salah satu solusi kita untuk mengurangi kemacetan,” ujarnya.

Terkait kantong parkir, menurut Wawali Arya Wibawa, sudah dikomunikasikan dan kemungkinan opsinya di depan Hotel Hyatt dan di kawasan Pantai Mertasari.

Dia menegaskan, wisatawan yang menginap di hotel-hotel di Sanur, tetap dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju hotel. Shuttle bus listrik disiapkan bagi wisatawan yang ingin ke restoran maupun berbelanja di kawasan Sanur, dengan sebelumnya kendaraan pribadi diarahkan di kantong parkir.

“Kami yang melayani turun di restoran A, restoran B, ataupun ke mal mana. Mungkin itu solusi sementara dulu. Di APBD perubahan dianggarkan lima unit kendaraan listrik seperti yang ada di Besakih, yang akan hilir mudik di kawasan Sanur,” tandas Wawali Arya Wibawa.Apabila program ini sudah berjalan baik, maka dinas terkait akan memasang rambu larangan parkir di sepanjang Jalan Danau Tamblingan. “Itu solusi mengurai kemacetan di Sanur dari kami. Nanti operasionalnya akan dilakukan perumda kami yakni Perumda Parkir,” tandasnya. 7 ant, mis

Komentar