nusabali

Siswa SD Se-Kecamatan Marga Diadu Lomba Matajog

  • www.nusabali.com-siswa-sd-se-kecamatan-marga-diadu-lomba-matajog

UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Marga menggelar lomba matajog di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Tabanan, Jumat (11/8). 

TABANAN, NusaBali
Lomba tajog merupakan agenda tahunan yang digelar UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Marga untuk memeriahkan perayaan HUT Republik Indonesia. 

Kepala UPT Dinas Pendidikan Marga, I Made Yasa menjelaskan, tajog sebagai permainan tradisional hampir punah. Mempertahankan permainan dengan dua batang bambu dengan pijakan kaki ini, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Marga setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI selalu mengagendakan lomba tajog. “Dengan permainan dan lomba tajog ini, kami ingin mengajarkan siswa keseimbangan dan konsentrasi,” tutur Yasa. 

Yasa menuturkan, selain lomba tajog juga menggelar aneka lomba permainan lainnya seperti junjung botol dan tarik tambang. Tujuannya menumbuhkan kebersamaan antar siswa dan memotivasi semangat pantang menyerah. Lomba-lomba ini juga dijadikan sarana hiburan bagi para siswa untuk menyegarkan pikiran agar tak terbebani tugas-tugas belajar. Sebelumnya, pada tanggal 5 Agustus telah digelar lomba lari 5 kilometer yang diikuti siswa SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kecamatan Marga. Pada tanggal 8 Agustus lomba gerak jalan cepat diikuti siswa SD, SMP, SMA/SMK se-Kecamatan Marga. “Kegiatan kami gelar di TPB Margarana, tempat perjuangan pasukan I Gusti Ngurah Rai melawan NICA,” terangnya. Para pemenang lomba akan menerima hadiah usai upacara detik-detik Proklamasi di TPB Margarana, Kamis (17/8) mendatang.  *d

Komentar