nusabali

Pasang Wifi Lampaui Target, Masih Ada Area Blank Spot

  • www.nusabali.com-pasang-wifi-lampaui-target-masih-ada-area-blank-spot

AMLAPURA, NusaBali - Target pemasangan wifi (wireless fidelity) di Karangasem terlampaui. Target 217 titik, dipasang 221 titik. Namun, masih ditemukan beberapa area blank spot alias tidak terjangkau sinyal internet.

“Tahun 2024, pasang 6 titik total jadi 221 titik Wifi. Hanya saja, belum semua daerah di Karangasem terjangkau internet,” jelas Sekdis Komunikasi dan Informatika Karangasem I Gusti Ngurah Swisnawa kepada NusaBali di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Rabu (24/7).

kata Swisnawa, target pemasangan Wifi di Karangasem 217 titik, telah dipasang 221 titik. Namun, belum juga mampu menjangkau seluruh wilayah. Wifi telah dipasang di 177 desa adat, 12 Puskeams, 15 objek wisata, dan 17 pasar. Masih ada beberapa titik yang blank, seperti di Banjar Tindih, Desa Datah, Kecamatan Abang, sebagian di Desa Ban, Kecamatan Kubu, dan yang lainnya.

Selama ini telah dipasang internet melalui program BSI (Bali Smart Island) yang merupakan bantuan BKK (bantuan keuangan khusus) Provinsi Bali, bantuan dari  APBD Karangasem melalui program APIK (areal publik internet Karangasem). 

Wifi penting untuk menghubungkan perangkat PC (portable computer), smart phone, ke jaringan internet nirkabel. Bisa juga menjadikan handphone sebagai modem. Nantinya bisa mengakses internet dengan cepat karena memiliki mobilitas tinggi, mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan, penggunaannya bisa kapan saja, hemat biaya, dan aman.

Tercatat 17 pasar yang telah terpasang Wifi, Pasar Amlapura Timur, Pasar Amlapura Barat, Pasar Rakyat Mangsul, Pasar Rubaya, Pasar Tukad Belatung, Pasar Tukad Eling, Pasar Rakyat Pesangkan, Pasar Bebandem, Pasar Karanganyar, Pasar Selat, Pasar Menanga, Pasar Rakyat Subagan, Pasar Hewan Rubaya, Pasar Hewan Bebandem, Pasar Hewan Pempatan, Pasar Telaga, dan Pasar Culik, Kecamatan Abang.

Pemasangan wifi gratis di 17 pasar, sangat membantu masyarakat dalam memasarkan barang dagangannya secara online. Secara tidak langsung banyak warga masyarakat datang ke pasar, selain mencari sinyal internet juga melakukan transaksi.

“Terlebih lagi selama ini banyak pasar kabupaten sepi pembeli, dengan adanya internet dipasang di pasar kabupaten, secara tidak langsung mulai banyak warga masyarakat berdatangan,” katanya.

Bahkan di Pasar Rakyat Pesangkan, Banjar Pesangkan, Kecamatan Selat, dipasang 2 wifi, untuk kepentingan petugas dan kepentingan masyarakat pengunjung pasar.

Faktanya di lapangan, tercatat 133 lapak tanpa pedagang, sehingga banyak lapak terlihat kosong di Pasar Rakyat Pesangkan dari 526 lapak.7k16

Komentar