nusabali

1.000 Tukik Dilepasliarkan di antai Pengasahan

  • www.nusabali.com-1000-tukik-dilepasliarkan-di-antai-pengasahan

Asisten II Setda Tabanan Wayan Miarsana pimpin pelepasan 1.000 tukik di Pantai Pengasahan, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Jumat (11/8). 

TABANAN, NusaBali
Lepas tukik ini melibatkan Waka Polres Tabanan Kompol Leo Martin Pasaribu, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Selemadeg Barat I Gede Ketut Suyana Putra, anak-anak sekolah, dan masyarakat. Pelepasan tukik ini dirangkaikan peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan RI.  

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan I Made Subagia mengatakan, melepas tukik ke laut lepas merupakan kegiatan rutin tahunan. Seribu tukik yang dilepas di Pantai Pengasahan merupakan sumbangan dari Gede Sastra Kumala Putra. “Sampai tahun 2016 sudah 4.000 tukik yang dilepas. Untuk hari ini 1.000 tukik yang dilepas semuanya sumbangan dari Gede Sastra Kumala Putra, pecinta lingkungan dari Lalanglinggah,” ungkap Subagia.

Miarsana mewakili Bupati Tabanan mengapresiasi kegiatan pelepasan tukik itu. “Kegiatan ini harus terus dilanjutkan demi melestarikan penyu di Tabanan,” pintanya. Miarsana mengimbau seluruh masyarakat senantiasa menjaga kebersihan pantai. Sebab sampah di laut menjadi masalah bagi penyu. Populasi penyu dipengaruhi oleh sampah yang mengambang di air dan terdampar di tepi pantai. “Sampah plastik yang meningkat berdampak pada hewan. Mari bersama-sama menjaga kebersihan laut,” ajaknya. *k21

Komentar