nusabali

Siaga Pilkada, 1.060 Personel Polda Diterjunkan

  • www.nusabali.com-siaga-pilkada-1060-personel-polda-diterjunkan

DENPASAR, NusaBali - Polda Bali bersama jajaran Polres menggelar operasi dengan sandi Cipta Kondisi (Cipkon) Agung selama 16 hari (24 Juli sampai 8 Agustus).

Operasi Cipkon ini digelar dalam rangka menjaga Harkamtibmas selama tahapan Pilkada Serentak tahun ini. Masalah Harkamtibmas ini jadi perhatian sebab menjelang Pilkada suhu politik semakin panas. 

Operasi ini melibatkan 1.060 personel yang terdiri dari 401 personel Satgas Polda dan 659 personel Satgas Polres jajaran. Seribuan personel yang dilibatkan itu akan dibentuk dalam lima Satgas yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Gakkum, Satgas Humas, dan Satgas Banops. Adapun sasarannya adalah kasus narkotika dan kejahatan konvensional, seperti pencurian, penggelapan, penipuan, dan penganiayaan baik yang melibatkan warga lokal maupun warga negara asing. 

"Sejauh ini saya melihat situasi Kamtibmas di wilayah Bali masih relatif aman terkendali. Namun demikian secara kuantitatif terjadi peningkatan gangguan Kamtibmas khususnya kasus menonjol sebesar 26 persen pada semester I tahun 2024 dibandingkan semester II tahun 2023," ungkap Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra dalam amanatnya saat pimpin apel kesiapan pasukan Operasi Cipkon Agung 2024 yang digelar di lapangan Mapolda Bali, Jalan WR Supratman Nomor 7 Denpasar, Pada Rabu (24/7) pagi. 

Jenderal bintang dua di pundak ini mengatakan peningkatan kasus ini merupakan konsekuensi logis dari meningkatnya aktivitas masyarakat dan pariwisata di Bali saat ini. Namun demikian kejadian itu diimbangi dengan peningkatan pengungkapan kasus yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran.

Kapolda mengajak seluruh jajarannya agar Kamtibmas di Bali harus dapat dikelola dengan baik, apalagi sebentar lagi akan memasuki tahapan Pilkada serentak. Pada momen seperti ini suhu politik diperkirakan semakin meningkat. Ini tak terlepas dari meningkatnya aktivitas partai politik beserta simpatisan yang berpotensi menimbulkan gejolak, polarisasi dan gangguan Kamtibmas. 

"Untuk menjaga Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif maka kita gelar Operasi Cipkon oni yang digelar 16 hari, mulai 24 Juli hingga 8 Agustus. Operasi ini merupakan kegiatan cooling system dengan mengedepankan upaya preemtif dan preventif yang didukung dengan kegiatan penegakan hukum yang tegas," tutur Kapolda. 7 pol

Komentar