nusabali

Libas Laos, Vietnam Merasa Hampa

  • www.nusabali.com-libas-laos-vietnam-merasa-hampa

SURABAYA, NusaBali - Timnas Vietnam U-19 menang telak 4-1 atas Laos pada matchday ketiga Grup B Piala AFF U-19 2024, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (24/7). Namun kemenangan itu terasa hampa bagi Vietnam. Sedangkan Australia meraih hasil sempurna usai menang 1-0 atas Myanmar.

Ya, laga Vietnam dan Laos tidak lagi menentukan bagi kedua tim. Mereka pasti gagal ke semifinal. Sejumlah rotasi dilakukan di starting XI. Vietnam bermain dominan dan unggul cepat pada menit ke-5, lewat Nguyen Hoang Anh. 

Pada menit ke-22, Vietnam menambah gol (2-0) lewat aksi Hoang Quang Dung. Namun, Laos melawan lewat gol Peeter Phanthavong pada menit ke-27. Skor babak pertama 2-1 untuk Vietnam.

Pada babak kedua, situasi tidak berubah. Vietnam tetap dominan dan menambah gol lewat Nguyen Cong Phuong pada menit ke-78. Vietnam kembali menambah gol lewat Phung Van Nam. Mereka pun menang 4-1. 

Hasil itu membuat Vietnam finis di posisi kedua klasemen Grup B dengan empat poin. Namun, kemenangan ini terasa hampa karena mereka gagal lolos ke semifinal.

Sedangkan di Stadion Gelora 10 November, Australia, yang sudah pasti lolos ke babak semifinal merombak komposisi pemain inti dibanding dua laga awal. Pelatih Trevor Morgan mencadangkan Arion Sulemani, Jake Najdovski, dan Marcus Younis yang selama ini jadi andalan.

Australia tampil dominan walau tidak dengan tim terbaiknya. Namun, mereka butuh waktu hingga menit ke-35 untuk mencetak gol lewat Medin Memeti. Australia unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Australia terus menyerang pada babak kedua, akan tetapi tidak ada gol yang tercipta hingga laga usai. Menang 1-0, Australia kokoh di puncak klasemen Grup B dengan sembilan poin dari tiga laga. *

Komentar