nusabali

Indonesia Diyakini Kembali Juara

Thailand Sering, Indra Sjafri Suka Malaysia

  • www.nusabali.com-indonesia-diyakini-kembali-juara

SURABAYA, NusaBali - Pelatih Timor Leste U-19 Eduardo Pereira yakin Indonesia U-19 kembali menjuarai Piala AFF U-19 atau yang kini bernama ASEAN U-19 Boys Championship, setelah terakhir kali juara pada 11 tahun lalu di Sidoarjo di bawah pelatih yang sama pada tahun ini, Indra Sjafri.

Eduardo mengatakan hal itu setelah timnya takluk 2-6 dari Indonesia pada laga terakhir Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa malam. Menurutnya, Indonesia dapat menjadi juara Piala AFF U-19 tahun ini karena Kadek Arel dkk bermain bagus sepanjang tiga laga yang diakhiri dengan tiga kemenangan, mencetak 14 gol, dan hanya kebobolan dua gol itu.

“Saya kira permainan pemain Indonesia bagus, dan saya percaya coach Indra Sjafri yang sering bersama para pemain muda sejak dulu hingga sekarang dapat memperbaiki tim ini lebih baik lagi untuk menjuarai Piala AFF U-19 2024,” kata Eduardo.

Selanjutnya yang membuat Eduardo yakin adalah faktor tuan rumah. Dia menyebutkan faktor ini sangat menentukan sebuah tim menjadi juara karena selalu mendapatkan dukungan penuh dari suporternya.

“Saya yakin karena pertama tuan rumah, itu sangat menguntungkan. Pemain ke-12 (suporter) itu selalu ada untuk mendukung timnya,” jelas Eduardo.

Sementara itu, pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri sangat bersyukur menyelesaikan tiga laga penyisihan grup setelah membantai Timor Leste U-19 dengan skor 6-2 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa malam.

“Pertama kita syukuri tiga match kita menang tiga laga dengan nilai sembilan,” kata Indra pada jumpa pers setelah laga.

Torehan poin ini membuat Indonesia merebut juara Grup A dan melaju ke semifinal.  Meski demikian, Indra Sjafri mengatakan hal terpenting yang didapat dari tiga laga ini bukanlah tentang lolosnya ke semifinal, tapi bagaimana dia hampir mencoba seluruh pemainnya untuk membentuk komposisi terbaik di skuadnya.

“Tentu yang paling penting bukan lolosnya lagi tapi bagaimana seperti yang kami sampaikan di awal bahwa tiga laga ini kita tim pelatih benar-benar menyampaikan evaluasi dan seperti yang kita sampaikan kita akan cari skuad terbaik,” ucap Indra.

Di partai semifinal yang akan dimainkan pada Sabtu (27/7), Indonesia akan berjumpa pemenang Grup C yang diperebutkan Malaysia U-19 dan Thailand U-19.

Indra Sjafri pun mengatakan akan melihat terlebih dahulu siapa lawan Indonesia di semifinal untuk kemudian menyiapkan strategi terbaik untuk mencapai final. Dia mengaku cukup sering lawan Thailand, yang agak jarang lawan Malaysia. ant

Komentar