nusabali

Bupati Suwirta Pimpin Pungut Sampah Plastik di Gunaksa

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pimpin-pungut-sampah-plastik-di-gunaksa

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny Ayu Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung AA Kirana, Kepala Inspektorat Klungkung I Made Seger, mengikuti Kegiatan Gerakan Masyarakat Berburu Sampah Plastik (Gema Butik) di Pertigaan Desa Gunaksa Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (11/8).

SEMARAPURA, NusaBali
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung Anak Agung Kirana mengatakan, Gema Butik selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, juga merupakan komitmen Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam menangani masalah sampah plastik di Klungkung.

Gema Butik dengan tahapan, mengumpulkan sampah plastik, lanjut memilah sampah plastik kemudian mengolahnya kembali. Bupati Suwirta menyatakan Gema Butik harus terus dilanjutkan, tidak hanya di pinggir jalan dan trotoar, namun juga ke kebun-kebun dan gorong-gorong. “Saya tidak mau Gerakan Masyarakat Berburu Sampah Plastik ini hanya sekadar wacana,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengharapkan melalui gerakan ini, masyarakat akan sadar untuk menjaga kebersihan sehingga tidak akan membuang sampah sembarangan, dan dapat memilah sampah. Gerakan ini dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, dan gerakan ini tidak bersifat keharusan karena gerakan ini merupakan gerakan kesadaran, “Apapun yang dilakukan dengan sadar, tulus, akan berjalan dengan baik,” ujar Bupati Suwirta. 

Bupati Suwirta tunggu kesadaran masyarakat, dan dirinya akan siap berada di garda terdepan untuk menangani masalah kebersihan di Klungkung. “Jangan Pernah saling menyalahkan dan tidak ada kata terlambat untuk memulai,” jelasnya. Bupati Suwirta juga mengharapkan melalui Gema Butik dapat menjadikan Klungkung semakin bersih. “Klungkung bersih Klungkung asri, masyarakat sehat, salam Gema Santi,” jelas Bupati Suwirta. 

Gema Butik juga dilaksanakan pada wilayah pantai di Klungkung daratan, antara lain di Pantai Tegal Besar, Klotok, Goa Lawah, dan lainnya, Gerakan ini dilakukan oleh para pegawai di lingkungan Pemkab Klungkung, para siswa dari SD, SMP, SMA, guru, aparat desa dan STT (sekaa teruna-teruni). Di pertigaan Desa Gunaksa, Dawan, didapatkan kira-kira sekitar 20 karung sampah plastik.*wa

Komentar