nusabali

KPU Denpasar Sosialisasikan RPJPD Kota Denpasar kepada Parpol untuk Acuan Visi Misi Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-kpu-denpasar-sosialisasikan-rpjpd-kota-denpasar-kepada-parpol-untuk-acuan-visi-misi-pilkada-2024

DENPASAR, NusaBali.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menggelar sosialisasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Denpasar kepada partai politik peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan acuan bagi parpol dalam menyusun visi dan misi serta program pasangan calon (paslon) yang mereka usung.

Ketua KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggaraeni, menyampaikan bahwa PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan mewajibkan paslon untuk menyampaikan dokumen visi dan misi serta program kerja yang terkait atau sesuai dengan RPJPD Kota Denpasar 2025-2045.

"Oleh karena itu, KPU Kota Denpasar menghadirkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Denpasar untuk menjelaskan RPJPD Denpasar kepada partai politik," jelas Anggaraeni, Kamis (25/7/2024).

Ia berharap dengan sosialisasi ini, parpol dapat menyusun visi dan misi serta program kerja yang selaras dengan RPJPD Kota Denpasar. Hal ini penting untuk memastikan arah pembangunan Kota Denpasar selama 20 tahun ke depan.

Lebih lanjut, Anggaraeni menegaskan bahwa syarat ini bukan untuk menguntungkan petahana, melainkan untuk memastikan arah kebijakan daerah yang berkelanjutan.

"Pasangan calon perlu memikirkan program yang mendukung target jangka panjang RPJPD, seperti kebutuhan tempat tinggal, air bersih, energi, jaringan persampahan, kesehatan, dan pendidikan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Kota Denpasar, I Nyoman Suardika, menjelaskan bahwa RPJPD Kota Denpasar memuat proyeksi isu-isu strategis yang akan dihadapi Kota Denpasar hingga tahun 2045.

"Pemaparan ini diharapkan dapat membantu parpol dalam memahami arah pembangunan Kota Denpasar, sehingga visi dan misi yang disampaikan paslon dapat selaras dengan RPJPD," kata Suardika.

Sosialisasi RPJPD ini merupakan salah satu upaya KPU Kota Denpasar untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada 2024 yang berkualitas dan menghasilkan pemimpin yang memiliki visi dan misi yang jelas untuk membangun Kota Denpasar ke arah yang lebih baik. *ant

Komentar