nusabali

3 Siswa Jembrana Wakili Bali ke OSN 2024

  • www.nusabali.com-3-siswa-jembrana-wakili-bali-ke-osn-2024

NEGARA, NusaBali - Tiga siswa asal Kabupaten Jembrana akan mewakili Bali ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024. Kompetisi bergengsi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ini akan dilaksanakan di Jakarta pada Agustus 2024.

Ketiga siswa berprestasi itu, I Made Wahyu Bimantara (siswa kelas IX SMPN 1 Negara), I Putu Elgio Surya Dewangga (siswa kelas VI 6 SDK Marsudirini), dan Zaidan Arrafisqy (siswa kelas V SDN 2 Lelateng). Wahyu Bimantara dan Elgio Surya akan mengikuti olimpiade Matematika. Zaidan akan mengikuti olimpiade Biologi.

Sebelum berlaga ke OSN 2024 itu, ketiga siswa itu mendapat motivasi dari Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Mereka diterima di rumah kediaman Bupati Tamba di Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Rabu (24/7). "Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa, berhasil mewakili Jembrana ke ajang tingkat nasional. Ini tidak mudah dan butuh proses serta kerja keras," ujar Bupati Tamba. 

Bupati Tamba pun mengaku optimis para anak-anak Jembrana yang mengikuti OSN ini akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dirinya juga berpesan agar selalu menjaga nama baik Jembrana. "Harumkan nama Jembrana di tingkat nasional. Saya yakin kalian akan mengalahkan siangan-siangan yang lain di sana dan memberikan hasil yang terbaik," ucap Bupati Tamba.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra mengatakan OSN merupakan kegiatan berjenjang yang dimulai dari seleksi tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. "Mereka telah membuktikan kemampuan di tingkat provinsi sehingga mewakili Bali ke OSN," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anom menjelaskan para siswa yang telah dinyatakan lolos seleksi di tingkat provinsi akan mengikuti karantina, 30 Juli - 3 Agustus 2024. Pada 4 Agustus mereka akan melakukan persiapan akhir, dan 5 Agustus dijadwalkan berangkat untuk melakukan check-in dan registrasi. "Pembukaan OSN akan berlangsung pada tanggal 6 Agustus. Kemudian pelaksanaan kegiatan pada tanggal 7, 8, dan 9 Agustus," ujarnya.

Anom mengatakan, biaya pelaksanaan OSN ditanggung penuh oleh Kemendikbud Ristek. Sementara untuk biaya pemberangkatan para siswa dari Bali ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Bali. "Kami sangat bangga dengan prestasi yang telah dicapai oleh siswa-siswa ini. Kami berharap mereka dapat memberikan yang terbaik dan membawa pulang kemenangan untuk Bali," ujar Anom.7ode

Komentar