nusabali

Bungan Desa Ke-54, Bupati Sanjaya Apresiasi Kuliner Mie Kelor di Buahan

  • www.nusabali.com-bungan-desa-ke-54-bupati-sanjaya-apresiasi-kuliner-mie-kelor-di-buahan

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya kembali melaksanakan kegiatan Ngantor di Desa atau Bungan Desa ke-54, Kamis (25/7). Bungan Desa ini dilaksanakan di Desa Buahan, Kecamatan Tabanan.

Dalam kunjungan itu, Bupati Sanjaya kagum akan UKM warga Mie Kelor Gud yang sudah dikenal oleh masyarakat. Bahkan dalam kunjungan itu Bupati Sanjaya langsung melihat produksi mie kelor di Banjar Buahan Tengah, Desa Buahan, Kecamatan Tabanan ini. 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga dan beberapa anggota DPRD Tabanan. Sekda Tabanan Gede Susila, para asisten dan para kepala perangkat daerah, kepala instansi vertikal dan BUMD di lingkungan Pemkab Tabanan, Forkopimcam Tabanan, perbekel, bendesa adat, TP PKK Desa, dan tokoh masyarakat setempat. 

Bupati Sanjaya beserta jajaran juga selalu menyertakan ragam pelayanan pemerintahan secara gratis di Desa Buahan, seperti perpustakaan keliling, cek kesehatan, vaksin polio, pemberian KTP, fasilitas catatan sipil, termasuk pelayanan PBB dan perijinan langsung ke masyarakat.

Dalam kesempatan itu Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga terhadap keberhasilan dan kerja keras dan kolaborasi yang baik dari masyarakat dalam mengembangkan produksi mie kelor. Mie Kelor ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan usaha modern yang berbasis teknologi dan berkelanjutan mulai dari Desa Buahan. 

Bermacam kegiatan dilaksanakan Bupati Sanjaya saat itu. Salah satunya berkunjung ke Kelompok Mina Taman Lestari, meninjau sekaligus memborong panen ikan lele dari kelompok tersebut dan menebarkan 2000 bibit ikan lele di bioflok. 

Lanjut, saat berkunjung di Kelompok Ringa Sari Mie Kelor, Bupati Sanjaya memborong produk olahan mie kelor untuk dibagikan kepada masyarakat. Terakhir, bersama rombongan mengunjungi rumah keluarga stunting di Banjar Buahan Utara. Tercatat saat ini di Desa Buahan, ada anak stunting 7 orang. Selain memberikan edukasi, Bupati Sanjaya juga memberikan bantuan sembako, seperti telur, mie kelor, gula pasir, beras, minyak goreng dan kacang hijau. 

“Ini Bungan Desa ke-54. Tujuan saya berkantor di desa untuk mendekatkan diri memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Jadi dari pagi saya melihat tadi kelompok ikan lele, ada UMKM dari kelompok mie kelor, banyak sekali UMKM yang ada di Desa Buahan bagus sekali," ujarnya. 

Program ini juga menegaskan tujuan berkantor di desa untuk berkolaborasi, program apa yang belum dilakukan di desa bakal ditambah. "Tidak mungkin ]erbekel membangun desanya sndiri, pasti perlu bantuan kabupaten. Sebagai Bupati apa yang menjadi potensi desanya kita angkat, sehingga desanya juga menjadi sejahtera, aman, unggul dan madani," tegas Bupati Sanjaya.

Atas kehadiran jajaran Pemkab, Perbekel Desa Buahan I Gede Ari Wastika menyampaikan ungkapan terima kasih atas perhatian dan arahan dari pemerintah. “Bungan Desa sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Buahan, khususnya untuk bantuan kepada masyarakat kita dan juga perhatian terhadap UMKM, baik itu peralatan, sumber daya manusia maupun teknis," katanya. 

Dia berharap kedepannya, kegiatan ini bisa dilanjutkan, sehingga apa yang menjadi permasalahan desa yang sangat banyak, bisa diatasi oleh Pemerintah Kabupaten bersama-sama dan bisa menjadikan pembangunan yang lebih baik di desa masing-masing.@des

Komentar