nusabali

Disperindag Bangli Usulkan Revitalisasi 3 Pasar

  • www.nusabali.com-disperindag-bangli-usulkan-revitalisasi-3-pasar

BANGLI, NusaBali - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli kini mengusulkan revitalisasi tiga pasar. Pasar tersebut yakni Pasar Kidul Bangli, asar Yangapi di Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, dan Pasar Senggol Bangli.

Kadisperindag Bangli I Wayan Gunawan mengatakan usulan revitalisasi pasar tersebut untuk meningkatkan kenyamanan baik pedagang mapun pengunjung. Namun perlu ketersedian sarana prasarana yang memadai. 

Gunawan mencontohkan, di Pasar Kidul perlu penataan dan pembenahan sehingga dapat meningkatkan daya saing pasar dengan pasar lainnya. 

"Dengan dilakukan revitalisasi akan dapat meningkatkan aktivitas pasar yang berimbas pada meningkatnya omset pedagang,” ungkapnya, Kamis (25/7). 

Selain pasar tradisional, revitalisai tersebut juga akan menyasar Pasar Senggol. Dalam revitalisasi akan dilakukan penataan terkait lokasi. Saat ini Pasar Senggol di areal Pasar Kidul. Rencana akan dibangun khusus tempat untuk Pasar Senggol.

"Kesan yang selama ini melekat pada Pasar Senggol yakni kurang bersih, bisa teratasi. Masalah limbah acap kali jadi persoalan. Namun, dengan revitalisasi ini permasalahan limbah akan bisa teratasi," jelasnya. 

Pejabat asal Kecamatan Tembuku, Bangli, ini mengatakan pihaknya masih melakukan penjajakan untuk lokasi Pasar Senggol. "Terkait rencana revitaliasai akan segera disampaikan kepada bupati dan  semoga kegiatan bisa dilaksanakan tahun 2025," ujarnya. 

Terkai anggaran revitalisasi ini, jika memungkinkan  maka pihaknya akan berjuang ke pusat, dalam hal ini Kementerian Perdagangan RI. Revitalisasi beberapa pasar sebelumnya sumber dananya dari pusat lewat DAK (dana alokasi khusus). "Kami tentu akan berjuang agar dapat mengakses dana pusat untuk merevitaliasai  tiga pasar tesebut," sebutnya.7esa

Komentar