nusabali

DPP Gerindra Proses Dukungan Cagub Bali

  • www.nusabali.com-dpp-gerindra-proses-dukungan-cagub-bali

JAKARTA, NusaBali - DPP Partai Gerindra menjagokan kadernya untuk maju di Pilgub Bali 2024. Kader potensial yang digadang-gadang akan diusung di Pilgub Bali, yakni Ketua DPD Partai Gerindra Bali, Made Muliawan Arya alias De Gadjah sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bali.

Namun, sampai saat ini belum diumumkan siapa pasangannya di posisi Calon Gubernur (Cagub). Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan pasangan De Gadjah di Pilgub Bali masih diproses.

"Masih di proses, sehingga belum bisa dibicarakan," ujar Fadli Zon di sela-sela Dialektika Demokrasi bertema Peran Parlemen Indonesia Mendorong Kemerdekaan Palestina Pasca Putusan IJC (Internasional Court of Justice) di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7). Sejumlah tokoh di Bali sendiri digadang-gadang menjadi pasangan De Gadjah. Bahkan, terbaru De Gadjah melakukan pertemuan dengan Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Bali Wayan Koster. Pertemuan itu pun, memunculkan wacana pasangan Koster dan De Gadjah.

Disinggung apakah De Gadjah akan dipasangkan dengan Koster, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini belum bisa memastikan. Dia meminta agar menunggu keputusannya, tanpa menyebutkan kapan akan keluarnya. "Nanti, kita lihat saja. Semua informasi itu, dikumpulkan. Kemudian dihitung, dilihat petanya. Dari peta itu, nanti akan diputuskan," terang Fadli Zon. 

Tak hanya dengan Koster, teranyar sejumlah baliho juga memunculkan paket Putu Agus Suradnyana (PAS)-Made Muliawan Arya alias De Gadjah (PAS-Mulia). Untuk diketahui Putu Agus Suradnyana adalah Ketua DPC PDIP Buleleng yang juga Bupati Buleleng dua periode (2012-2017 dan 2017-2022). Baliho-baliho PAS-Mulia banyak bertebaran di wilayah Kabupaten Buleleng. Namun saat dikonfirmasi terkait baliho tersebut, baik PAS maupun De Gadjah mengatakan bahwa baliho tersebut merupakan kreativitas masyarakat dan juga sebagai bentuk ungkapan aspirasi. 

Selain Calon Gubernur (Cagub) Bali yang belum diumumkan, Partai Gerindra juga belum mengumumkan siapa yang mereka usung di Pilgub Jakarta. Di Jakarta sendiri telah muncul nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Anies telah mendapat dukungan dari Partai NasDem dan PKS. Diketahui saat menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu, Gerindra mengusung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Namun, sampai saat ini Gerindra belum menyebutkan siapa yang akan mereka dukung di Pilkada Jakarta. Terkait calon gubernur DKI Jakarta yang belum diumumkan Gerindra, Fadli Zon menjelaskan masih dalam pembicaraan. Lagi pula, kata Fadli Zon, pendaftaran Pilkada masih lama. "Sehingga masih panjang dan masih ada waktu. Di Pilkada Jakarta tahun 2017 lalu, seingat saya satu atau dua hari sebelum masa penutupan pendaftaran calon. Sekarang masih ada waktu satu bulan lagi kan. Jadi, kita tunggu saja dalam minggu-minggu depan atau dua minggu lagi," imbuh Fadli Zon. 7 k22

Komentar