nusabali

Jelang Pilkada, Kapolres Jembrana Luncurkan Program Padi Mas

  • www.nusabali.com-jelang-pilkada-kapolres-jembrana-luncurkan-program-padi-mas

NEGARA, NusaBali - Dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada serentak tahun 2024, Polres Jembrana menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) Agung.

Bersamaan dimulainya operasi pada Rabu (24/7), Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto tutur melaunching program Padi Mas, yakni Patroli Dialogis Kamtibmas.

AKBP Endang mengatakan, program terobosan kreatif Padi Mas adalah implementasi dari Operasi Cipkon Agung 2024 untuk memastikan pelaksanaan Pilkada yang aman dan tertib. Program Padi Mas itu pun akan menyasar langsung seluruh partai politik (parpol). Termasuk menyasar berbagai lapisan masyarakat di tiap desa/kelurahan se-Jembrana melalui sinergi para Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

"Dalam pelaksanaannya, program ini melibatkan patroli rutin yang dilakukan oleh petugas gabungan dari TNI dan Polri di berbagai titik strategis di Kabupaten Jembrana. Patroli ini menyentuh langsung kepada tokoh-tokoh politik peserta Pilkada, tim-tim pemenangan calon, serta masyarakat secara umum," ucap AKBP Endang. 

Selain menyampaikan imbauan-imbauan Kamtibmas, AKBP Endang mengatakan, dalam pelaksanaan Padi Mas itu juga menginginkan komitmen dari parpol-parpol untuk bersama-sama menjaga agar situasi Kamtibmas tetap kondusif. Terlebih suhu politik di Jembrana cukup hangat. 

"Kalau itu saya analogikan seperti manusia, lagi meriang dikit lah. Jadi kalau meriang dikit harus diobati. Nah ini lah terapi yang kami lakukan sehingga kondisi hangat ini tidak berlanjut sampai nanti perhelatan Pilkada serentak," ujar AKBP Endang.

AKBP Endang mengatakan, sengaja memberi nama progam Padi Mas dengan harapan bisa mendapat hasil yang optimal. "Kalau padinya emas, padinya kualitas unggul dan nasi yang dihasilkan akan beda. Jadi patroli dialogisnya harus yang berkualitas. Bukan sekedar patroli biasa. Tetapi bagaimana kita menyerap masukan, aspirasi, kemudian kita bisa menyelesaikan masalah ketika itu menjadi kewenangan kita," ujarnya. 

Pada hari pertama Rabu (24/7), Kapolres Jembrana juga melaksanakan Padi Mas di 3 sekretariat parpol, yakni NasDem, PPP, dan Gelora. Kemudian pada Kamis (25/7) kemarin, Kabag Ops Polres Jembrana Kompol Tjokorda Gede Arim Maha Putra bersama sejumlah pejabat Polres Jembrana melaksanakan Padi Mas di Sekretariat DPC Partai Buruh Jembrana, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembrana. 7 ode

Komentar