nusabali

Siswa Baru Dibekali Cara Jaga Diri

  • www.nusabali.com-siswa-baru-dibekali-cara-jaga-diri

DENPASAR, NusaBali - Setelah sebelumnya sosialisasi pencegahan kekerasan dan anti bullying di SD Negeri 9 Kesiaman, Denpasar Timur, Kota Denpasar, pada Kamis (25/7) Binmas Polsek Denpasar Timur mendatangi SD Negeri 6 Kesiman, Desa Kesiman Petilan. Di sekolah ini kegiatan yang dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Dentim Iptu I Nyoman Sujana membawakan materi tentang keamanan di lingkungan sekolah. 

Jika sebelumnya di SD Negeri 9 kegiatan diikuti oleh ratusan siswa dari kelas III sampai kelas VI di SD Negeri 6 kemarin kegiatan khusus diikuti oleh siswa kelas I yang sedang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Para siswa ini diajarkan bagaimana mana menjaga diri saat di lingkungan sekolah ketika lepas dari pengawasan guru. 

"Pagi ini (kemarin) kami bertemu dengan 44 kelas I baru yang sedang mengikuti MPLS di SD Negeri VI. Adapun materi yang kami ajarkan kepada siswa baru ini adalah tentang keamanan lingkungan sekolah dan tertib di jalan," ungkap Iptu Sujana usai memberikan materinya. 

Perwira balok dua di pundak ini mengatakan penting bagi anak-anak mengenal lingkungan sekolahnya dan bagaimana menjaga keamanan di lingkungan sekolah. Ada beberapa aspek yang ditekankan kepada para siswa, seperti kewaspadaan terhadap orang asing yang mencurigakan serta cara menghadapi situasi darurat. Anak-anak juga diajarkan juga tentang tertib berlalu lintas, misalnya memahami rambu-rambu lalu lintas.

"Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Negeri 6 Kesiman beserta guru dan staf sekolah. Ini menunjukkan sinergi antara pihak kepolisian dan sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif bagi para siswa," pungkasnya. 

Sementara itu Kepala Sekolah SD Negeri 6 Kesiman mengapresiasi upaya dan kerja sama Polsek Dentim dalam memberikan edukasi yang sangat bermanfaat bagi siswa-siswi baru. Materi yang dibawakan Binmas apolsek Denpasar Timur ini dikatakan sangat penting untuk memberikan pemahaman awal kepada siswa-siswi tentang keamanan, baik di lingkungan sekolah maupun di jalan. 

"Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut untuk kebaikan bersama. Semoga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa-siswi SD Negeri 6 Kesiman dapat lebih waspada dan memahami pentingnya tertib dalam segala aspek kehidupan sehari-hari," tuturnya. 7 pol

Komentar