nusabali

Prabowo Bertemu Macron di Paris, Bahas Kerjasama RI-Prancis

  • www.nusabali.com-prabowo-bertemu-macron-di-paris-bahas-kerjasama-ri-prancis

PARIS, NusaBali - Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto melawat ke Prancis dan bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di Istana Elysee, Paris, Rabu (24/7).

Kunjungan ini bertujuan memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Prancis serta membahas situasi keamanan global yang menjadi perhatian kedua negara.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, Kamis (25/7), menjelaskan bahwa Menhan Prabowo menyampaikan keyakinannya kepada Presiden Macron mengenai pentingnya memelihara dan meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Prancis.

“Kami mengapresiasi Yang Mulia Presiden Macron atas peran penting dan aktifnya dalam mencapai keberhasilan hubungan bilateral dua negara. Saya yakin Yang Mulia akan terus mempertahankan dan meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Prancis,” kata Menhan Prabowo.

Prabowo juga mengucapkan selamat kepada Prancis yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 yang berlangsung mulai dari 24 Juli hingga 11 Agustus 2024. “Kami yakin Olimpiade ini akan sukses besar, menampilkan bakat luar biasa dari para atlet dari seluruh dunia, dan menyatukan negara-negara dalam semangat persahabatan dan kompetisi yang sesungguhnya,” ujar Menhan Prabowo.

Kedatangan Prabowo di Istana Elysee disambut dengan upacara jajar pasukan. Presiden Macron menyambut langsung kedatangan Prabowo di pelataran Istana tempat mobil Prabowo berhenti. Keduanya bersalaman dan berbincang singkat sebelum berfoto bersama dan masuk ke dalam ruangan.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Prancis telah terjalin sejak September 1950. Di bawah kepemimpinan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, Indonesia telah banyak membeli alutsista dari Prancis, termasuk pesawat tempur, kapal selam, dan radar.

Pada awal 2024, Indonesia resmi memborong 42 unit pesawat tempur Rafale dari Dassault Aviation. Pembelian ini dilakukan secara bertahap sejak September 2022 dan Agustus 2023, dengan unit pertama pesanan dijadwalkan tiba pada 2026.
 
Selain itu, Indonesia juga membeli 13 unit sistem radar GCI (ground control interception) dari Thales, bekerja sama dengan PT Len Indonesia.  Pada April 2024, Kementerian Pertahanan juga mengumumkan pembelian dua unit kapal selam Scorpene Evolved dari Naval Group Prancis.

Pertemuan ini diharapkan semakin memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Prancis dalam berbagai aspek, termasuk modernisasi alutsista, industri pertahanan, pendidikan, dan latihan, serta forum dialog.7k22, ant

Komentar