nusabali

Gus Marhaen ‘Rangkul’ Dua Mantan Walikota Denpasar

Bertemu Saat Melayat, Sempat Diskusi soal Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-gus-marhaen-rangkul-dua-mantan-walikota-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Jelang Pilkada serentak pada 27 November 2024, situasi perpolitikan di Bali masih dinamis. Sejumlah tokoh, baik untuk Pilkada tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi Bali terus bermunculan ke publik sebagai bakal calon. Termasuk salah satunya, IB Rai Dharmawijaya Mantra yang digadang-gadang bakal maju sebagai bakal calon gubernur Bali berpasangan dengan Made Muliawan Arya alias De Gadjah yang merupakan Ketua Partai Gerindra Bali.

Nah, dibalik hiruk pikuk perpolitikan jelang Pilkada 2024 yang sudah semakin dekat, yang menarik Ketua Yayasan Kepustakaan Bung Karno, Gus Marhaen berkesempatan bertemu dengan Rai Mantra (Walikota Denpasar periode 2010-2015 dan 2016-2021) dan Anak Agung Ngurah Puspayoga, tokoh Puri Satria yang juga merupakan Walikota Denpasar (periode 2000-2005 dan 2005-2008). Pertemuan ini terjadi saat Gus Marhaen melayat ke rumah duka (alm) IB Gede Tarmiana yang merupakan kakak ipar dari Rai Mantra, Rabu (23/7) sore.

Gus Marhaen saat dikonfirmasi soal pertemuannya mereka bertiga tak menampik sempat berdiskusi soal politik jelang Pilkada 2024 terutama terkait Pilgub Bali. “Ya namanya juga ngobrol ngobrol pasti sempat diskusi nyinggung masalah politiklah apalagi beliau (Rai Mantra) sempat muncul namanya sebagai calon (Gubernur Bali),” ujar Gus Marhaen. Diakuinya, berhubung situasi kurang pas karena masih dalam suasana berduka, obrolan terkait politik pun tidak terlalu banyak. “Tapi beliau (Rai Mantra) sempat menyinggung untuk sementara belum berminat untuk maju (sebagai calon gubernur, red), ya tapi kita kan nggak tahu perkembangan kedepannya,” imbuhnya.

Bagaimana reaksi Puspayoga? “Kalau Ajung (Puspayoga) ya jadi pendengar yang baik. Beliau tidak terlalu banyak bicara dan hanya tersenyum-senyum aja ketika ditanya terkait banyaknya tokoh politik yang bermunculan sebagai calon (gubernur Bali)," ungkap Gus Marhaen.

Di sisi lain, Gus Marhaen ketika ditanya NusaBali siapa sosok atau tokoh politik yang berpeluang besar bakal mendapat rekomendasi khususnya dari DPP PDI Perjuangan sebagai calon Gubernur Bali, dia mengaku sudah punya prediksi yang kuat. “Tapi kan tidak etis saya ungkap ke publik karena bukan kapasitas saya, biarkan DPP (PDIP) nanti yang mengumumkan langsung. Kita tunggu saja," ucapnya. “Yang pasti menurut saya, Pilkada khususnya, Pilgub Bali 2024 ini bakal berlangsung seru dan kemungkinan bakal ada kejutan," pungkas Gus Marhaen yang dikenal dekat dengan tokoh politik lintas partai ini. 7 isu

Komentar